Bos Samsung Ajukan Banding Putusan Lima Tahun Penjara

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 12:12 WIB
Bos Samsung Ajukan Banding Putusan Lima Tahun Penjara Bos Samsung Lee Jae-yong mengajukan banding atas putusan penjara lima tahun terkait kasus korupsi. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengacara Wakil Direktur Samsung Electronics Lee Jae-yong mengajukan upaya banding atas putusan penjara lima tahun terkait kasus korupsi yang menjeratnya.

Hal itu disampaikan dalam laman Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Senin (28/8) tanpa memberikan rincian, sebagaimana dikutip Reuters.

Juru bicara Samsung belum mau berkomentar ketika ditanyai soal permohonan banding yang diajukan sejak Jumat ini.


Vonis bersalah pada bos de facto Samsung yang juga dikenal dengan nama Jay Y Lee itu adalah peristiwa signifikan bagi orde ekonomi Korea Selatan yang telah dikuasai keluarganya selama beberapa dekade.

Lee dijerat kasus yang sama dengan kasus yang mengakibatkan pemakzulan bekas Presiden Korsel, Park Geun-hye, pertengahan tahun ini.

Putusan yang dijatuhkan hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan penjara 12 tahun yang diajukan jaksa.
Pengadilan juga memutus Lee bersalah karena memberikan kesaksian palsu, menutupi keuntungan kriminal, penggelapan dan menyembunyikan aset di luar negeri.

Selama persidangan, para jaksa menyebut Lee sebagai pengusaha ulung yang tahu betul telah berbuat salah ketika Samsung membayar puluhan juta dolar kepada entitas terkait dengan Park.

Lee menampik segala tudingan dan pengacaranya diperkirakan bakal mengajukan banding.