Korut Kembali Tembakkan Rudal, AS Tetap Upayakan Jalur Damai

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 19:32 WIB
Korut Kembali Tembakkan Rudal, AS Tetap Upayakan Jalur Damai Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mengatakan bahwa negaranya tetap akan mengupayakan jalur damai meski Korea Utara kembali melakukan aksi provokatif dengan menembakkan tiga rudal jarak menengah pada Sabtu (26/8). (Reuters/Yuri Gripas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat tetap akan mengupayakan jalur damai meski Korea Utara kembali melakukan aksi provokatif dengan menembakkan tiga rudal jarak menengah pada Sabtu (26/8).

"Kami menganggapnya sebagai aksi provokasi terhadap AS dan sekutu kami. Kami akan tetap melakukan tekanan secara damai," ujar Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, sebagaimana dikutip Reuters.

Tillerson kemudian menjabarkan, cara damai itu akan ditempuh dengan bekerja sama dengan para sekutu mereka. AS juga akan bekerja sama dengan China sebagai sekutu terdekat Korut agar dapat membujuk Pyongyang untuk bernegosiasi.
Selama ini, China selalu mencoba mendukung Korut dengan menolak semua resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menekan Pyongyang.


Namun belakangan, China mulai ikut menekan Korut dengan menyepakati resolusi berisi sanksi terbaru atas Pyongyang.

Meski demikian, Korut tetap berkeras akan terus mengembangkan program rudal dan nuklirnya selama masih ada tekanan dari AS.

Peluncuran rudal jarak menengah ini sendiri dilakukan hanya berselang beberapa hari setelah Tillerson mengaku senang melihat Korut tak melakukan aksi provokasi setelah PBB menjatuhkan sanksi.