FOTO: Ribuan Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 10:13 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan warga minoritas Muslim Rohingya mengungsi ke Bangladesh untuk menghindari kekerasan yang terjadi sepanjang akhir pekan lalu dan memakan 104 korban jiwa.

Ribuan warga minoritas Muslim Rohingya di Myanmar melarikan diri dari Rakhine ke arah Bangladesh dan disambut oleh petugas perbatasan. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Mereka melarikan dari bentrokan yang telah memakan setidaknya 104 korban jiwa sepanjang akhir pekan lalu, menyusul serangan pemberontak terhadap polisi dan tentara pada Jumat.(Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Korban jiwa dalam bentrokan tersebut sebagian berasal dari kelompok militan, ditambah 12 orang anggota pasukan keamanan dan sejumlah warga sipil. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Bersiap menghadapi lebih banyak kekerasan, ribuan warga Rohingya yang kebanyakan perempuan dan anak-anak itu pun mengadu nasib ke negeri tetangga. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Sebagian dari mereka terdampar di tanah tak bertuan yang memisahkan kedua negara. Sebagian lainnya terpaksa menyeberangi sungai untuk menuju ke Bangladesh. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Sesampainya mereka di perbatasan, suara tembakan terdengar dari sisi Myanmar sehingga petugas perbatasan Bangladesh bersiaga untuk mempertahankan diri. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Pemerintah tak mencatat jumlah pengungsi yang menyeberang, tapi para warga Rohingya yang berlindung di kamp sementara memperkirakan ada 2.000 orang. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Kekerasan ini menjadi eskalasi terbaru dalam konfllik yang sudah menghantui Rakhine sejak Oktober lalu, ketika serangan serupa memicu operasi militer brutal yang disertai pelanggaran hak asasi manusia berat. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)