Wiranto: Provokasi Korut Tidak Bisa Dibenarkan

Patricia Diah Ayu Saraswati , CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 16:16 WIB
Wiranto: Provokasi Korut Tidak Bisa Dibenarkan Menkopolhukam Wiranto mengutuk peluncuran rudal Korut yang melintasi wilayah Jepang. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengutuk keras peluncuran peluru kendali Korea Utara yang melewati wilayah udara Jepang.

"Dari dulu sudah kami dengan keras mengutuk itu," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa (29/8).

Rudal itu diluncurkan hanya berselang beberapa hari setelah Pyongyang menguji coba tiga rudal jarak pendeknya. Langkah itu dinilai sebagai provokasi minim merespons dimulainya latihan bersama militer Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Namun, jalur lintasan kali ini mewakili eskalasi signifikan oleh Korut yang pada awal bulan ini juga sempat menyatakan akan menembakkan rudal melintasi wilayah Jepang ke arah Guam, wilayah AS di Pasifik.

Wiranto mengatakan "upaya memprovokasi suatu kawasan" seperti yang dilakukan oleh Korea Utara "tidak dibenarkan dan kami tidak setuju itu."

Ketika ditanya apakah Indonesia akan mengirim surat ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait peluncuran rudal tersebut, Wiranto menyerahkannya kepada Kementerian Luar Negeri.
Dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com tak lama setelah kejadian, Kemlu RI hanya mengatakan pemerintah Indonesia mengecam tindakan Korut. Sejauh ini belum ada pernyataan soal langkah lebih jauh yang diambil Indonesia terkait peristiwa ini.