Raja Salman Biayai Kurban untuk 5.000 Haji

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 01/09/2017 14:50 WIB
Raja Salman Biayai Kurban untuk 5.000 Haji Raja Salman akan membiayai kurban untuk 5.000 jemaah haji dari 80 negara terpilih pada Iduladha 2017. (Reuters/Tomohiro Ohsumi/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Salman akan membiayai kurban untuk 5.000 jemaah haji dari 80 negara terpilih pada Iduladha 2017.

Sekretaris jenderal program haji 2017, Abdullah bin Mudlaj Al-Mudlaj mengatakan, Salman sudah menentukan sendiri bahwa pihak yang akan menerima pemberian ini.

Di dalam daftar tersebut terdapat pihak keluarga dari tentara Palestina, kepolisian dan militer Mesir, juga kerabat personel tentara Sudan yang tewas dalam operasi koalisi Saudi di Yaman.


Al-Mudlaj mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah figur Islam dari berbagai belahan dunia.
Selain program pemberian kurban, Saudi juga membiayai sejumlah pihak untuk menjalankan ibadah Haji di negaranya atas undangan raja, termasuk 1.000 warga Palestina dan Qatar.

Menurutnya Al-Mudlaj, program ini dapat membantu Saudi memperkuat hubungan dengan negara lain, termasuk Qatar yang belakangan dikucilkan di kawasan.

Wakil Menteri Hubungan Islam Saudi, Tawfiq Al-Sudairi, pun mengatakan bahwa pelaksanaan haji sepanjang sejarah tidak pernah dikaitkan dengan perbedaan politik.

"Kami selalu menekankan bahwa Haji merupakan ritual keagamaan yang harus dihormati dan ini semua lebih murni dari masalah politik dan sektarian," tuturnya, sebagaimana dilansir Arab News.