FOTO: Khusyuk Ibadah Haji di Tanah Suci

Reuters & AFP, CNN Indonesia | Jumat, 01/09/2017 16:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pada 2017 ini, total 2,1 juta umat muslim dari seluruh penjuru dunia menunaikan ibadah haji di tanah suci, Mekah. Berikut perjalanan mereka.

Lebih dari dua juta umat muslim dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji pada 2017, sementara yang berasal dari Indonesia mencapai 221 ribu orang. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Di Mekah, umat muslim harus menjaga kesehatan dengan benar untuk menghadapi suhu udara cukup panas mencapai 48-50 derajat celcius. Saat ini, daerah Asia Selatan dan Timur Tengah memang tengah diterpa gelombang panas. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Ibadah haji 2017 juga ditandai oleh kembalinya umat muslim Iran ke tanah suci, setelah sempat memboikot pada 2016. Total 86 ribu lebih warga Iran menunaikan ibadah ke Mekah tahun ini. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Jemaah haji di Jabal al-Rahmah, Arafah, gunung yang diyakini umat Muslim sebagai tempat Muhammad SAW berpidato di depan kaumnya untuk yang terakhir kali. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Seorang jemaah di Jabal al-Rahmah membaca kitab suci Al-Quran. Hari Arafah adalah hari ke-9 dalam bulan Dzulhijjah dan merupakan hari ke-2 dalam ritual ibadah haji. (AFP PHOTO / BANDAR ALDANDANI)
Bagi umat muslim, Hari Arafah adalah rangkaian ibadah haji yang paling agung dan utama. Tanggal ini juga yang dikenal sebagai hari haji. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Ibadah di Jabal al-Rahmah dilaksanakan sejak siang hingga matahari terbenam, ibadah ini bernama 'berdiri di hadapan Tuhan' (wukuf), salah satu ritual paling penting dalam ibadah Haji. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Lokasi Arafah terletak di sebelah tenggara Masjidil Haram sejauh 22 kilometer. Di kawasan seluas 18 km persegi inilah semua jemaah haji berkumpul pada 9 Dzulhijjah .(REUTERS/Suhaib Salem)
Arafah berasal dari kata 'arafa' yang bermaksud kenal atau mengerti. Dinamakan Arafah adalah karena umat muslim meyakini tempat suci itu adalah lokasi pertemuan antara Adam dan Hawa di bumi. (REUTERS/Suhaib Salem)
Sementara itu, pengertian harafiah wukuf adalah 'berhenti' walau sejenak. Umat muslim meyakini, siapapun yang berhenti walau sejenak di Padang Arafah setelah tergelincirnya matahari 9 Zulhijjah, maka wukufnya sah. (REUTERS/Suhaib Salem)
Pada petang hari, setelah menunaikan ibadah, umat muslim akan keluar dari Arafah setelah matahari terbenam dengan tenang dan tertib menuju Muzdalifah. (REUTERS/Suhaib Salem)
Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan semua Muslim yang mampu, harus melakukan setidaknya sekali dalam hidup mereka. (REUTERS/Suhaib Salem)