Dikritik karena Lamban Tangani Puerto Rico, Trump Malah Puas

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 04/10/2017 06:32 WIB
Dikritik karena Lamban Tangani Puerto Rico, Trump Malah Puas Presiden Trump menyatakan puas atas respons federal di Puerto Rico meski pemerintah dikritik karena lamban. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan puas atas respons federal terhadap kehancuran Puerto Rico yang dilanda Badai Maria, meski pemerintah dikritik karena lamban menangani krisis.

Trump yang mesti menghadapi masalah akibat Badai Harvey, Irma dan Maria dalam waktu enam pekan terakhir, mengatakan bahwa serangkaian bencana ini mengekang anggaran AS.

"Saya benci harus mengatakan ini, Puerto Rico, tapi anggaran kita sedikit acak-acakan karena kita mengeluarkan banyak uang untuk Puerto Rico," ujarnya, Selasa (3/10). "Tapi itu tidak apa-apa, kita menyelamatkan banyak nyawa."


Dua pekan setelah dihantam badai terparah dalam 90 tahun terakhir, sebagian besar dari 3,4 juta penduduk Puerto Rico masih kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok.

Perekonomian wilayah AS ini sudah dalam keadaan resesi sebelum Badai Maria dan pemerintahannya sudah menyatakan bangkrut.

Kerugian yang diakibatkan badai tersebut bagi Puerto Rico diperkirakan mencapai $45 miliar hingga $95 miliar dan bantuan signifikan dari pemerintah federal jelas dibutuhkan.
Trump mengatakan respons federal atas Badai Maria dapat dibandingkan dengan "bencana sesungguhnya seperti Katrina," badai 2005 lalu yang menenggelamkan Louisiana dan Mississippi dan menewaskan lebhi dari 1.800.

"Apa yang terjadi dalam hal pemulihan, dalam hal penyelamatan--16 nyawa itu banyak--tapi jika dibandingkan dengan ribuan orang yang tewas dalam bencana badai lain, sejujurnya itu tidak parah," ujarnya.

Badai itu menyapu tiang-tiang listrik di pulau tersebut dan hanya kurang dari separuh penduduk mempunyai akses pada air bersih. Masih sulit bagi para warga untuk mendapatkan sinyal seluler atau mencari bahan bakar untuk generator dan mobil.

Di pesawat kepresidenan Air Force One dalam perjalanan kembali ke Washington, Trump mengatakan harinya berjalan dengan baik dan dia tidak mendengar kritik saat berada di Puerto Rico.
"Kami hanya mendengar ucapan terima kasih dari warga Puerto Rico," ujarnya. "Itu hal yang cukup saya nikmati hari ini."

(aal)