Konvoi Pertama Operasi Militer Turki Masuki Idlib Suriah

Oscar Ferry , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 04:21 WIB
Konvoi Pertama Operasi Militer Turki Masuki Idlib Suriah
Jakarta, CNN Indonesia -- Konvoi pertama operasi militer dilakukan Turki di Provinsi Idlib, Suriah, Kamis (12/10). Konvoi militer ini memulai perjalanan ke Suriah dengan menyeberangi Idlib untuk melakukan pengintaian dalam mendukung pasukan pembebasan Suriah atau Free Suriah (FSA).

Dikutip Reuters, Jumat (13/10), seorang komandan kelompok pemberontak FSA yang berbasis di daerah tersebut, Abu Khairo mengatakan, ada sekitar 30 kendaraan militer dalam konvoi tersebut. Mereka memasuki wilayah Suriah dekat persimpangan perbatasan Bab al-Hawa.


Militer Turki disebutkan melakukan perjalanan menuju ke Sheikh Barakat, puncak bukit yang menghadap ke daerah-daerah besar yang dikuasai pemberontak di wilayah barat laut Suriah serta juga wilayah Afrin yang dikuasai oleh milisi YPG Kurdi.

Abu Khairo menambahkan, konvoi tersebut dikawal oleh pejuang dari Tahrir al-Sham, sebuah aliansi kelompok jihad termasuk mantan afiliasi Al Qaeda yang sebelumnya dikenal sebagai Front Nusra.


"Konvoi tentara Turki masuk di bawah perlindungan Tahrir al-Sham untuk mengambil posisi di garis depan bersama YPG."

Pemerintah Turki pada hari Sabtu lalu mengatakan, bahwa pihaknya melakukan operasi militer di Idlib dan daerah sekitarnya sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai dengan Rusia dan Iran bulan lalu untuk memberlakukan zona "de-eskalasi" di Suriah wilayah barat laut.


Zona tersebut merupakan salah satu dari beberapa tempat di sekitar Suriah untuk mengurangi peperangan antara pemberontak, termasuk kelompok yang didukung oleh Turki dan Suriah serta didukung juga oleh Rusia dan Iran.