Rizal Ramli Jadi Pembicara di Acara Indonesia-Belanda

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Jumat, 27/10/2017 02:03 WIB
Rizal Ramli Jadi Pembicara di Acara Indonesia-Belanda Rizal Ramli menjadi pembicara di Gedung Senat Belanda. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indonesia Rizal Ramli menjadi pembicara di acara Masyarakat Indonesia-Belanda pertama yang diadakan di Plenary Hall Gedung Senat Negeri Kincir Angin.

Dalam acara yang digelar Rabu (25/10), Rizal berbicara tentang "Abad Asia dan Strategi Maritim Indonesia." Acara dibuka oleh Ankie Broekers-Knol, ketua Senat Belanda, dilanjutkan Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja.

"Abad ke-21 adalah milik Asia. Pertanyaannya adalah apakah ini akan jadi kemajuan Asia yang demokratis, otoriter atau keduanya?" kata Rizal dalam acara yang dipandu mantan Menteri Pertahanan Belanda Willem F van Eekelen itu.



Apapun yang terjadi, Rizal berharap abad ke-21 akan membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi Asia.

Ada persepsi berkembang bahwa untuk bisa berkembang cepat dan mencapai pertumbuhan dua digit negara-negara Asia mesti mengikuti jalan negara tersentralisasi, yang sudah terbukti selama dua dekade, kata Rizal.

Namun, persepsi itu tidak selamanya benar. "Jepang yang demokratis bisa mencapai pertumbuhan dua digit di bawah Perdana Menteri Ikeda selama dua dekade pada era 1950-an," ujarnya.


"Kunci pertumbuhan yang tinggi adalah strategi dan kebijakan yang bisa mendorong sektor publik dan swasta secara harmoni," kata Rizal.

Presentasi Rizal akan dibahas oleh Profesor Frits Blessing dari Universitas Leiden.