Pembunuh Berantai Era 60-an, Charles Manson Tutup Usia

Natalia Santi, CNN Indonesia | Senin, 20/11/2017 15:12 WIB
Pembunuh Berantai Era 60-an,  Charles Manson Tutup Usia Charles Manson. (Courtesy California Department of Corrections and Rehabilitation/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembunuh yang terkenal karena kekejiannya di Amerika Serikat pada era 1960-an, Charles Manson akhirnya meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit. Manson, 83 tahun, pemimpin sekte “Keluarga Manson”, dilarikan ke Rumah Sakit Bakersfield, California tiga hari lalu dan sempat menjalani sejumlah perawatan medis.

Manson terkenal setelah merancang pembunuhan aktris Sharon Tate, yang tengah hamil delapan bulan dan suaminya sutradara terkemuka Roman Polanski, serta lima lainnya di Los Angeles selama musim panas 1969. Pembunuhan yang dilakukan para pengikut Manson meneror Los Angeles dan mengejutkan seluruh Amerika Serikat.

Meski Manson memerintahkan pembunuhan itu, dia tidak ikut serta dalam eksekusi. Manson akhirnya meninggal Minggu (19/11) setelah mendekam lebih dari separuh abad di penjara.
“Dia adalah diktator di keluarga (Manson), raja, maharaja dan anggota keluarga sangat patuh kepadanya,” kata mantan Jaksa yang mengadili Manson, Victor Bugliosi kepada CNN International pada 2015.


Manson menjalani sembilan masa tahanan di penjara California dan permohonan pembebasan bersyaratnya ditolak 12 kali. Meski begitu Manson menyatakan diri tidak bersalah dan menuduh masyarakatlah yang membuatnya demikian. (nat)