FOTO: Paus Fransiskus ke Myanmar di Tengah Isu Rohingya

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Kamis, 30/11/2017 19:19 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus berkunjung ke Myanmar, dan memimpin misa di Stadion Sepak Bola Kyite Ka San, Yangon.  (REUTERS/Max Rossi)

Paus Fransiskus dan Penasihat Negara Myanmar, Aung San Suu Kyi saat akan menghadiri pertemuan dengan masyarakat sipil dan kalangan diplomatik di Ibu Kota Naypyitaw, Myanmar, Selasa (28/11).  Selama lawatannya di Myanmar, Paus Fransiskus menghindari kata 'Rohingya' untuk menjaga perasaan warga setempat. (Osservatore Romano/Handout via Reuters)
Seorang bocah melambaikan bendera Myanmar sambil menantikan kedatangan Paus Fransiskus yang akan memimpin misa di Stadion Sepak Bola Kyite Ka San, Yangon, Myanmar, Rabu (29/11).  Lautan manusia menyambut kehadiran Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik dunia pertama yang berkunjung ke Myanmar. (AFP PHOTO/Vincenzo PINTO)
Paus Fransiskus memimpin misa di Gereja Katedral Santa Maria, Yangon, Kamis (30/11).  (REUTERS/Max Rossi)
Kunjungan Paus Fransiskus ke Myammar, pemimpin umat Katolik dunia pertama yang mengunjungi negeri dengan mayoritas beragama Buddha tersebut, mendapat sambutan hangat. Seorang anak laki-laki memanfaatkan kesempatan itu dengan berjualan foto Paus Fransiskus di luar Gereja Katedral Santa Maria di Yangon, Myanmar, Kamis (30/11). (REUTERS/Jorge Silva)
Seorang warga Myanmar mengenakan kaus peringatan lawatan  Paus Fransiskus ke Myanmar di kamp orang-orang yang bepergian dari Kachin ke Stadion Sepak Bola Bogyoke Aung San, sambil menanti misa Paus Fransiskus di Yangon, Selasa (28/11).  (REUTERS/Jorge Silva)
Warga Myanmar yang menghadiri misa yang dipimpin Paus Fransiskus di luar Gereja Katedral Santa Maria di Yangon, Myanmar, Kamis (30/11).  (REUTERS/Jorge Silva)
Seorang biksu tampak di belakang para pastor dalam misa yang dipimpin Paus Fransiskus di Stadion Sepak Bola Kyite Ka San, Yangon, Myanmar, Rabu (29/11). Seusai bertandang ke Myanmar, Paus Fransiskus melanjutkan kunjungannya ke Bangladesh 1-3 Desember 2017. (REUTERS/Ann Wang NO RESALES)
Paus Fransiskus memimpin misa di Gereja Katedral Santa Maria, Yangon, Kamis (30/11). Meski Paus Fransiskus tidak menyebut kata 'Rohingya', menurut Vatikan, hal itu tidak mengurangi pesan moral yang disandangnya yakni mengurangi penderitaan warga mayoritas muslim di Rakhine, Myanmar itu. (AFP PHOTO/Vincenzo PINTO)