Militer Rusia: Misi Kalahkan ISIS di Suriah Berhasil

Hanna Azarya Samosir , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 01:40 WIB
Militer Rusia: Misi Kalahkan ISIS di Suriah Berhasil Ilustrasi. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia mendeklarasikan keberhasilan misi mereka untuk mengalahkan ISIS di Suriah karena kini negara pimpinan Bashar al-Assad itu sudah bersih dari pengaruh kelompok militan tersebut.

“Misi mengalahkan para bandit teroris ISIS di Suriah yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia sudah berhasil,” ujar kepala staf operasi Rusia di Suriah, Sergei Rudskoi, Kamis (7/12).

Melanjutkan pernyataannya, Rudskoi berkata, “Tidak ada satu desa atau distrik pun sekarang yang berada di bawah kendali ISIS. Wilayah Suriah sudah benar-benar bebas dari anggota organisasi teroris.”
Rudskoi mengatakan, pasukan pemerintah Suriah berhasil mendepak ISIS dengan bantuan dari pasukan Rusia dalam operasi besar-besaran selama beberapa bulan belakangan dengan rata-rata 250 serangan sehari.

“Tahap akhir dari kekalahan teroris ini akan dibantu oleh pasukan tempur angkatan udara Rusia,” ucap Rudskoi, sebagaimana dikutip Reuters.

Meski demikian, kelompok pemantau Syrian Observatorium melaporkan, ISIS masih menguasai delapan persen wilayah Deir Ezzor.
Namun menurut Rudskoi, kekuatan ISIS di wilayah itu sudah sangat lemah dan akan ditangani oleh pasukan pemerintah Suriah yang kini juga sudah berfokus pada operasi pembersihan.

Militer Rusia sendiri masih akan berada di Suriah untuk membantu proses perundingan gencatan senjata dan membangun kembali kehidupan yang damai di negara itu.

Pasukan Rusia pertama kali menginjakkan kakinya di zona konflik berkepanjangan di Suriah pada 2015 silam atas permintaan dari Assad.

Kala itu, Assad kelimpungan menghadapi banyak kelompok pemberontak, termasuk ISIS, sejak aksi protes besar-besaran terhadap rezimnya pecah pada Maret 2011 silam. (has/has)