Tentara Jadi Sasaran Roket, Israel Kirim Tank ke Jalur Gaza

Hanna Azarya Samosir , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 05:45 WIB
Tentara Jadi Sasaran Roket, Israel Kirim Tank ke Jalur Gaza Sehari setelah Trump mengumumkan keputusan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, warga Palestina turun ke ruas-ruas jalan di Bethlehem, Ramallah, dan Yerusalem. (Anadolu Agency/Ali Jadallah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Israel mengerahkan pesawat dan satu tank setelah tentara mereka dilaporkan diserang tiga roket oleh milisi dari arah Jalur Gaza pada Kamis (7/12).

“Sebagai respons atas proyektil yang ditembakkan ke arah Israel sepanjang hari ini, sebuah tank dan pesawat militer menyerang dua pos militer di Jalur Gaza,” demikian bunyi pernyataan tentara Israel.

Sebagaimana dilansir Reuters, serangan roket itu diklaim oleh Brigade Al-Tawheed, kelompok Salafi yang mengabaikan seruan Hamas untuk tidak melakukan serangan.
Menurut jubir tentara Israel, milisi di Jalur Gaza itu menembakkan tiga roket dalam waktu berdekatan. Dua roket pertama jatuh di dekat wilayah Palestina pada sore hari.

Tak lama setelahnya, roket ketiga menghantam daerah terbuka di Israel, tapi tak menyebabkan kerusakan apa pun.

Sementara itu, sirene terdengar di berbagai penjuru Israel, tanda meningkatnya ketegangan setelah Presiden Amerika Serikat secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negara itu.
Kebijakan itu diambil berdasarkan undang-undang yang telah disahkan sejak 1995 silam tapi selalu ditangguhkan setiap enam bulan oleh semua presiden AS sebelumnya demi menghindari pergolakan di kawasan.

Isu ini memang sangat sensitif karena sejak dulu, Israel dan Palestina memperebutkan Yerusalem sebagai ibu kota mereka dan hingga kini belum ada mufakat.

Sehari setelah Trump mengumumkan keputusan ini, warga Palestina turun ke ruas-ruas jalan di Bethlehem, Ramallah, dan Yerusalem.

Dilaporkan CNN, otoritas Israel menanggapi aksi protes itu dengan menggunakan peluru karet dan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa. Kericuhan pun tak terhindarkan. (has/has)