Palestina-Mesir Gelar Pertemuan Bilateral Terkait Yerusalem

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 11/12/2017 03:26 WIB
Palestina-Mesir Gelar Pertemuan Bilateral Terkait Yerusalem Presiden Palestina Mahmud Abbas bertemu dengan pemimpin Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo, Senin (11/12). (Foto: AFP Photo/Abbas Momani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Palestina Mahmud Abbas bertemu dengan pemimpin Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo, Senin (11/12).

Pejabat kepresidenan Mesir mengungkapkan, pertemuan ini terjadi menyusul keputusan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Bassam Radi, juru bicara kepresidenan Mesir mengatakan bahwa Sisi mengundang Abbas ke pertemuan bilateral sebagai bagian konsultasi di Kairo. Pertemuan bilateral ini terkait dengan pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel.




Mengutip AFP, kantor berita resmi Palestina WAFA mengatakan bahwa Abbas dan Sisi bicara melalui telepon pada Minggu (10/12) dan melakukan konsultasi soal perkembangan terakhir setelah keputusan AS.

Mereka dikabarkan sepakat untuk terus berkonsultasi dan berkoordinasi.

Tak dimungkiri, langkah Trump ini menyebabkan kecaman dunia. Akibatnya Abbas menyatakan bahwa dia menolak bertemu Wakil Presiden AS Mike Pence dalam kunjungannya ke Palestina akhir Desember 2017 mendatang.


Kemarahan atas keputusan Trump ini juga menyebabkan banyaknya demonstrasi yang terjadi di Mesir dan Yordania.

Di Kairo, siswa dan profesor berdemo di Universitas Al-Azhar. (chs/chs)