FOTO: Perayaan 30 Tahun Hamas di Tengah Kisruh Yerusalem

CNN Indonesia | Jumat, 15/12/2017 11:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hamas Palestina merayakan 30 tahun pendirian gerakan Islamis tersebut di Gaza, sementara situasi memanas karena pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Faksi Hamas Palestina merayakan 30 tahun pendirian gerakan Islamis tersebut di Gaza, Kamis (14/12). (AFP Photo/Mohammed Abed)
Hamas adalah kata bahasa Arab yang berarti ketekunan sekaligus singkatan dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah yang secara harfiah berarti gerakan pertahanan Islam. (REUTERS/Mohammed Salem)
Didirikan saat intifada atau perlawanan Palestina terhadap Israel yang pertama pada 1987 lalu, organisasi ini kini menjadi pemerintah di Gaza. (REUTERS/Mohammed Salem)
Saat ini Hamas dipimpin oleh Ismail Haniyeh yang tampak hadir dalam perayaan ini bersama Pemimpin Hamas Gaza Yehya al-Sinwar. (REUTERS/Mohammed Salem)
Hamas memerintah di Gaza sejak 2007, menyusul langkah Israel meninggalkan daerah tersebut dua tahun sebelumnya. (REUTERS/Mohammed Salem)
Situasi antara warga Palestina dan Israel belakangan kembali memanas karena kisruh terkait pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota para Zionis. (REUTERS/Suhaib Salem)
Pengakuan kontroversial Amerika Serikat yang diputuskan oleh Presiden Donald Trump itu bertentangan dengan konsensus internasional dan membuat Hamas menyerukan intifada ketiga. (REUTERS/Mohammed Salem)
Sejauh ini belum ada tanda-tanda perlawanan militer dari Hamas, tapi ada sejumlah roket yang diluncurkan dari Gaza dan memicu balasan berupa serangan udara dari pihak Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)
Dua anggota Hamas dilaporkan tewas akibat serangan udara tersebut. Sementara dua warga Palestina lain kehilangan nyawa karena terlibat protes yang diwarnai kekerasan. (REUTERS/Suhaib Salem)
Warga Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya jika kelak mendapatkan kemerdekaan penuh. Sementara itu, Israel menganggap kota tersebut sebagai ibu kota abadinya sejak pertama kali didirikan. (AFP PHOTO/Mohammed Abed)