Tergelincir, Kereta Amtrak Melaju Dua Kali Kecepatan Maksimum

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 19:35 WIB
Tergelincir, Kereta Amtrak Melaju Dua Kali Kecepatan Maksimum Kereta Amtrak yang kecelakaan terlihat masih tergantung setelah beberapa jam. (AFP Photo/Kathryn Elsesser)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Keamanan Transportasi Nasional (NTSB) mengungkap fakta baru seputar kecelakaan kereta Amtrak di Washington, Amerika Serikat. Kereta nahas itu diduga melaju dengan kecepatan 128 kilometer per jam di zona 48 kilometer per jam.

Masih terlalu dini untuk menyimpulkan mengapa kereta itu bisa melaju dengan kecepatan sedemikian kencang, kata anggota dewan keamanan, Bella Dinh-Zarr sebagaimana dikutip CNN, Selasa (19/12). Namun, para penyelidik NTSB telah tiba di DuPont, di mana kereta tersebut tergelincir dan menewaskan setidaknya tiga orang.

Amtrak Cascades 501 tengah melakukan perjalanan pertama di atas rute baru yang menghubungkan Seattle dan Portland, ketika 14 dari 15 gerbongnya tergelincir dan jatuh dari jembatan ke jalan raya.


Seluruh korban tewas berasal dari kereta, kata Ed Troyer, juru bicara Sheriff setempat. Selain menewaskan tiga orang, lebih dari 100 orang lainnya, termasuk puluhan dari kereta dan sejumlah pengguna jalan, terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit.

Sedikitnya lima mobil dan dua truk terkena dampak kecelakaan kereta tersebut. Jalan raya dipenuhi puing-puing jembatan dan dahan pohon. Satu gerbong keretat tampak menjuntai.

Beberapa jam setelah kereta Amtrak tergelincir sekitar pukul 7.40 pagi waktu setempat, gerbong-gerbong masih bergantung di atas jalan raya.
Kereta membawa 77 penumpang dan tujuh awak. Beberapa penumpang berhasil menyelamatkan diri dengan mendobrak jendela.

"Tiba-tiba kami merasa gerbong terguncang dan terdengar suara berderit. Kami merasa seolah sedang menuruni bukit," kata Chris Kames, seorang penumpang kepada sebuah media setempat, KIRO 7.

"Hal terakhir yang kami tahu, kami terbanting dari tempat duduk ke kursi depan, jendela-jendela pecah. Lalu berhenti, lalu ada air keluar dari jendela. Orang-orang menjerit-jerit," kata penumpang kereta Amtrak itu.

[Gambas:Video CNN] (aal)