Mewah, Fasilitas Pensiun Robert Mugabe

Natalia Santi, CNN Indonesia | Jumat, 29/12/2017 15:15 WIB
Mewah, Fasilitas Pensiun Robert Mugabe Pemerintah Zimbabwe mengumumkan fasilitas pensiun Robert Mugabe, mantan presiden yang mundur pada 21 November lalu lewat surat kabar pemerintah, Jumat (29/12). (REUTERS/Mike Hutchings)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa mengumumkan fasilitas pensiun Robert Mugabe, Jumat (29/12). Selain bonus sebesar US$10 juta (sekitar Rp135,5 miliar, paket pensiun  bagi mantan presiden Zimbabwe berusia 94 tahun tersebut berupa tempat tinggal, armada mobil dan fasilitas penerbangan internasional kelas wahid.

Mugabe juga berhak mendapat 20 staf pribadi. Termasuk enam penjaga keamanan pribadi. Semua dibayar dari kas negara, sesuai Paket Pensiun Kepresidenan 2017 yang dilansir media pemerintah Government Gazette, Jumat (29/12).

Mugabe yang memimpin Zimbabwe dengan tangan besi selama hampir empat dekade, dipaksa mundur pada 21 November lalu. Parlemen mengajukan mosi pemakzulan setelah Mugabe menolak mundur, setelah delapan hari ketegangan sejak militer mengintervensi pemerintahan.


[Gambas:Video CNN]

Intervensi militer dilakukan lantaran Mugabe memecat Mnanggwa, yang saat itu sebagai wakil presiden dan mengangkat Grace, istrinya sebagai pengganti. Militer yang mencium gelagat Mugabe bakal menjadikan Grace sebagai presiden langsung menguasai kota dan memaksa Mugabe mundur.

Paket fasilitas pensiun Robert Mugabe mencakup kediaman pribadi di atas tanah seluas 5.000 meter persegi, tunjangan kesehatan yang komprehensif bagi Mugabe beserta istri dan anak-anaknya. Juga transportasi berupa beragam kendaraan mewah.

Mugabe dan Grace juga menyandang paspor diplomatik dan pribadi, penerbangan internasional kelas satu dengan maksimum empat kali perjalanan per tahun.

Mugabe juga bakal menerima sebuah sedan Mercedes Benz S500, atau setara dengan itu, sebuah van, dan mobil pick up. Selain perawatan dan bahan bakar, pemerintah juga wajib mengganti semua kendaraan itu tiap lima tahun.



Konvoi kendaraan juga menjadi bagian dari fasilitas pensiun Robert Mugabe. Dia juga bakal mendapat telepon genggam, dua komputer dan peralatan kantor yang akan ditentukan kemudian.

Selain kediaman di lahan 5.000 meter di tempat yang diinginkan Mugabe, pemerintah juga wajib menyediakan tiga pekerja rumah tangga, dua tukang kebun, dua tukang masak, dua juru saji dan dua tukang cuci.

Mewahnya fasilitas pensiun Robert Mugabe, bertolak belakang dengan kondisi Zimbabwe, yang merupakan salah satu negeri termiskin di dunia.

[Gambas:Video CNN]

(nat)