Ribuan Penerbangan di AS Dibatalkan Akibat Badai Salju

S. Yugo Hindarto, CNN Indonesia | Jumat, 05/01/2018 03:05 WIB
Ribuan Penerbangan di AS Dibatalkan Akibat Badai Salju Badai Salju menutupi landasan pacu bandara LaGuardia New York (Ilustrasi/REUTERS/Shannon Stapleton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan penerbangan dibatalkan akibat badai salju yang melanda sejumlah wilayah Amerika Serikat, Kamis (4/1).

Mengutip AFP, ada sekitar 3.000 penerbangan yang dibatalkan. Sekitar 75 persen penerbangan yang dibatalkan terjadi di bandara Newark Boston dan New Jersey.

Tak hanya di Newark Boston, bandara John F Kennedy New York bahkan ditutup sementara akibat badai. Salju tebal menutupi landasan pacu dan menyebabkan pesawat tak bisa terbang.


"Bandara John F Kennedy menghentikan kegiatan penerbangan beberapa saat, sebelum pukul 11.00 setempat. Akan dibuka kembali pada pukul 3 siang," kata pejabat FAA seperti dikutip dari Reuters.
Badai salju dan angin kencang juga menyebabkan aktivitas warga terganggu. Sekolah-sekolah terpaksa ditutup, dan pemadaman listrik. Jalur-jalur kereta api juga terputus akibat rel yang tertutup salju. Kondisi itu diperparah dengan penurunan suhu secara ekstrem yang berkisar hingga minus 25 derajat celcius.

Gubernur Georgia Nathan Deal, telah mengumumkan status keadaan darurat terkait badai yang melanda wilayahnya.

Hal sama juga dilakukan, Gubernur Florida Rick Scott, dia mengimbau warga agar bersiap untuk menghadapi kondisi ekstrem.

Badai salju dan angin kencang diperkirakan akan terus terjadi hingga bberapa hari ke depan. Diperkirakan angin kencang dengan kecepatan 55 mil atau 88,5 kilometer per jama akan melanda wilayah Connecticut, Jumat (5/1).
(ugo/ugo)