Oprah Winfrey Disebut Pertimbangkan Maju Jadi Presiden AS

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 01:16 WIB
Oprah Winfrey Disebut Pertimbangkan Maju Jadi Presiden AS Dua orang teman dekat Oprah Winfrey mengatakan selebriti filantropis itu tengah mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua orang teman dekat Oprah Winfrey mengatakan selebriti filantropis itu tengah “secara aktif mempertimbangkan” untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat.

Kedua teman yang meminta tidak disebutkan namanya itu berbicara usai Winfrey mendapatkan sambutan baik atas pidatonya di gelaran Golden Globes, Minggu waktu AS (7/1).

Kedua sumber mengatakan sejumlah orang kepercayaan Winfrey secara pribadi telah mendorongnya untuk mencalonkan diri.


Salah seorang sumber yang dikutip CNN itu mengatakan pemicaraan soal pencalonan sebagai presiden itu sudah terjadi beberapa bulan lalu. Dia menekankan bahwa Winfrey masih belum memutuskan apa-apa.

Seorang perwakilan Winfrey belum memberikan jawaban ketika ditanyai terkait hal tersebut.
Bursa capres dari Partai Demokrat baru akan resmi dimulai pada pertengahan 2018. Namun, banyak kandidat potensial sudah mulai bergeliat.

Desas-desus Winfrey akan maju mencalonkan diri tersebar di dunia hiburan setelah dia menerima Cecil B DeMille Award di Golden Globes.

Dia menarik perhatian karena mengangkat gerakan #MeToo yang berkumandang pada 2017 lalu dalam pidatonya.

Namun, ungkapan “hari baru akan segera dimulai” dianggap sejumlah pihak bermakna ganda sebagai deklarasi pencalonan diri dalam pemilihan umum.
Banyak selebriti liberal dan penikmat dunia hiburan memandangnya demikian, dan itu mungkin memang yang diniatkan oleh Winfrey.

Sejumlah strategis politik pada tahun lalu telah mengungkapkan ketenaran dan kekayaan Winfrey bisa membuatnya jadi calon kuat dari Partai Demokrat.

Meski Winfrey berulang kali menepis pertanyaan soal spekulasi ini di masa lalu, dia juga mengakui pemilihan Presiden Donald Trump memutar balikan asumsi soal cara menjadi pejabat negara.

Setelah pidato, rekan lama Winfrey, Stedman Graham, mengatakan pencalonan itu sangat mungkin terjadi.
“Itu terserah masyarakat,” kata Graham kepada Los Angeles Times sebagaimana dikutip CNN. “Dia tentu akan melakukannya.

(aal)