Trump Akan Hadiri Forum Ekonomi Dunia di Swiss

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Rabu, 10/01/2018 02:42 WIB
Donald Trump berencana menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, bulan ini. Keputusan itu jarang diambil oleh para presiden AS pendahulunya. Presiden AS Donald Trump akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, bulan ini.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan Trump sangat ingin menjadikan forum itu sebagai lawatan luar negeri kelimanya sebagai presiden AS.

“Presiden menyambut kesempatan untuk memajukan agenda America First dengan para pemimpin dunia,” kata Sanders, Selasa (9/1).


“Dalam Forum Ekonomi Dunia tahun ini, Presiden akan mempromosikan kebijakannya untuk memperkuat perusahaan Amerika, industri Amerika dan pekerja Amerika,” ujar Sanders, dikutip CNN.

Pemerintah AS selalu mengirim delegasi ke Davos, tapi biasanya presiden negara tersebut menolak untuk hadir.
Ronald Reagan berbicara kepada forum melalui komunikasi satelit sebagai presiden. Bill Clinton adalah presiden pertama AS yang menghadiri langsung forum tersebut, pada 2000 silam.

Presiden George HW Bush, George W Bush dan Barack Obama tidak menghadiri pertemuan tersebut.

Wakil Presiden Dick Cheney dan Joe Biden menghadiri forum tersebut saat masih menjabat.

Clinton menyampaikan pidato yang sangat bersemangat untuk mendukung pasar bebas di acara itu.
“Menjauhi perdagangan akan membuat sebagian masyarakat global kita selamanya terpuruk,” ujarnya. “Itu bukan respons yang benar.”

Tahun ini Trump akan berada di ruangan yang sama dengan banyak elite internasional yang sempat ia serang dalam kampanye 2016.

Perjalanan Trump ke Davos pada 23-26 Januari ini hanya berselang beberapa hari sebelum ia menyampaikan pidato persatuan bangsa, pada 30 Januari.

(aal)