Galang Dukungan Lawan Korut, PM Jepang Tur Eropa

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 12:43 WIB
Galang Dukungan Lawan Korut, PM Jepang Tur Eropa PM Jepang, Shinzo Abe, melakukan tur ke beberapa negara Eropa untuk menggalang dukungan dalam melawan propaganda senjata nuklir dan rudal Korea Utara. (Reuters/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, melakukan tur ke beberapa negara Eropa untuk menggalang dukungan dalam melawan propaganda senjata nuklir dan rudal Korea Utara.

"Saya ingin mengonfirmasi kerja sama kami terkait Korea Utara dan isu mendesak lainnya yang dihadapi oleh komunitas internasional," ujar Abe, sesaat sebelum memulai turnya, Jumat (12/1).

Sebagaimana dilansir AFP, Abe dijadwalkan akan bertandang ke negara-negara Baltik dan Eropa, seperti Estonia, Latvia, Lithuania, Bulgaria, Serbia, dan Rumania.
Tur kali ini dilakukan beberapa hari setelah Korut dan Korsel menunjukkan simbol perbaikan hubungan dengan menggelar pertemuan tingkat tinggi pada Selasa lalu.


Tokyo sendiri masih tetap khawatir dengan program senjata nuklir Korut, terutama setelah Kim Jong-un meluncurkan rudal yang sempat melintasi wilayah Jepang sebelum jatuh di samudera.

Dalam lawatan kali ini, Abe juga akan memboyong perwakilan lebih dari 30 perusahaan untuk membangun relasi bisnis yang lebih kuat di tiap negara.
Sejumlah pengamat menganggap Abe ingin meningkatkan kehadirannya di kawasan di mana China mulai memperkuat pengaruhnya.

Keenam daerah yang dikunjungi Abe kali ini termasuk dalam daftar 16 negara Eropa Timur dan Pusat yang mengikuti pertemuan tahunan dengan China.

Belakangan ini, China mulai serius mewujudkan inisiatif "One Belt, One Road" mereka. Dengan inisiatif ini, China ingin membangun jalur maritim yang menghubungkan Asia ke Eropa dan Afrika. (has/has)