Drama 13 Anak California Kelaparan dan Dirantai Orang Tuanya

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 07:40 WIB
Drama 13 Anak California Kelaparan dan Dirantai Orang Tuanya Polisi California menyelamatkan 13 bersaudara berusia 2-29 dalam kondisi mengenaskan. Mereka kelaparan dan beberapa di antaranya dirantai di tempat tidur. (ThinkStock/Studio_Serge_Aubert)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi California menyelamatkan 13 bersaudara berusia 2-29 dalam kondisi mengenaskan. Mereka kelaparan dan beberapa di antaranya dirantai di tempat tidur. Kedua orang tuanya ditangkap dengan tuduhan penganiayaan, Senin (15/1).

Polisi Riverside County akhirnya mengetahui keberadaan mereka setelah seorang di antaranya berhasil melarikan diri. Remaja berusia 17 tahun berhasil kabur dari rumah di Perris, 70 kilometer sebelah timur Los Angeles, California, Amerika Serikat. Dia menggunakan ponsel yang dia temukan di rumah untuk menelepon polisi.

"Para deputi menemukan lokasi di mana terdapat 12 anak-anak di dalam rumah, tapi mereka terkejut mendapati tujuh di antaranya telah berusia dewasa," kata polisi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Selasa (16/1). "Para korban menderita malnutrisi dan sangat kotor."


Remaja berusia 17 tahun, awalnya dikira berusia 10 tahun. Dia menelpon polisi setelah berhasil kabur, Minggu (15/1).

Kedua orang tua anak-anak tersebut, David Allen Turpin, 57 tahun, dan Louise Anna Turpin, 49 tahun, langsung ditangkap. Mereka didakwa dengan sembilan tuduhan penganiayaan dan 10 dakwaan membahayakan anak.  Mereka ditahan dengan jaminan US$9 juta.

Enam dari ke-13 bersaudara tersebut masih anak-anak. Tujuh lainnya berusia di atas 18 tahun. Semuanya mengaku kelaparan.

Pernyataan polisi tidak menjelaskan motif kedua orang tua menyandera anak-anaknya. Juru bicara polisi menyatakan mereka tidak punya informasi lebih banyak.

(nat)