Paus Fransiskus Menikahkan Pasangan Cile di Atas Pesawat

CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 09:11 WIB
Paus Fransiskus Menikahkan Pasangan Cile di Atas Pesawat Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus menikahkan pasangan pramugara-pramugari di atas pesawat, Kamis (18/1). (REUTERS/Tony Gentile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus menikahkan pasangan kekasih di atas pesawat, Kamis (18/1). Pasangan pramugara-pramugari tersebut dinikahkan Paus Fransiskus saat pesawat berada di angkasa dua kota di Cile.

Kepada Paus Fransiskus, pasangan tersebut, Paula Podest Ruiz, 39 tahun, dan Carlos Ciuffardi Elorriga, 41 tahun, mengaku telah menikah di catatan sipil.

Namun, misa pernikahan yang rencananya digelar di sebuah gereja di Santiago batal karena gereja tersebut rusak parah diguncang gempa Cile pada 2010.




Paula dan Carlos pun meminta Paus Fransiskus untuk memberkati perkawinan mereka. Tapi, Paus rupanya memiliki gagasan lain yang lebih baik.

"Apakah kalian mau saya menikahkan kalian?" tanya Paus Fransiskus kepada mereka seperti dilaporkan kantor berita Reuters, Kamis (18/1).

Paula dan Carlos pun terkejut. Tidak menyangka bahwa Paus Fransiskus akan menikahkan mereka di atas pesawat. "Di sini?" tanya keduanya kaget.

Paus menjawab "ya". Dia lalu kemudian memimpin upacara singkat di atas pesawat, di bagian depan.

Seorang pejabat maskapai penerbangan didaulat menjadi saksi. Adapun seorang Uskup Cile yang turut dalam penerbangan menandatangani dokumen pernikahan.

"Semuanya sah. Semuanya resmi," kata juru bicara Vatikan Greg Burke.

"Nanti kita kan perlihatkan foto dokumen itu."

Upacara pernikahan berlangsung ketika Paus Fransiskus dan rombongan sedang berada dalam penerbangan dari Santiago menuju kota di Cile utara, Iquique. (nat/nat)