Temui Ryamizard, Menhan AS Disambut Upacara Jajar Kehormatan

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 10:33 WIB
Temui Ryamizard, Menhan AS Disambut Upacara Jajar Kehormatan Menhan AS, James Mattis, disambut dengan upacara jajar kehormatan saat tiba di halaman depan kantor Kementerian Pertahanan untuk bertemu dengan Menhan RI, Ryamizard Ryacudu, Selasa (23/1). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis, disambut dengan upacara jajar kehormatan saat tiba di halaman depan kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, Selasa (23/1).

Tiba di tempat upacara, Mattis mendapatkan penghormatan dari sejumlah pasukan. Kemudian, Mattis dan Ryamizard berjalan bersama untuk memeriksa pasukan.

Setelah upacara jajar kehormatan, keduanya langsung masuk ke dalam gedung untuk melakukan pertemuan.
Dari keterangan yang diperoleh dari CNNIndonesia.com, dalam pertemuan tersebut keduanya akan membahas berbagai hal, di antaranya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, kerja sama bilateral dan multilateral di kawasan dalam Patroli Terkoordinasi Trilateral dan Kerjasama Our Eyes, persetujuan keamanan informasi militer (GSOMIA), pengadaan alutsista serta kebijakan maritim.


Sebelumnya, Ryamizard mengatakan akan membahas rencana pembelian pesawat Hercules dengan Mattis saat pertemuan di Jakarta.

Menurut Ryamizard, Indonesia memiliki rencana untuk membeli sejumlah Hercules dari AS, namun hal tersebut masih dalam tahap perencanaan.

"Mungkin Hercules yang baru itu ya, mungkin saja karena yang alutsista terbaru itu perlu kita beli walaupun enggak banyak-banyak," kata Ryamizard di Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Senin (22/1).
Indonesia dan AS telah memiliki persetujuan kerja sama pertahanan, yakni Joint Statement in Compre Defence Cooperation yang ditandatangani di Washington DC pada 26 Oktober 2015 silam, saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke AS.

Dari sisi kerja sama bilateral bidang pertahanan, Indonesia dan AS melakukan dialog keamanan dan strategis Indonesia-AS (IUSSD) serta dialog pertahanan bilateral AS-Indonesia (USIBDD) yang diselenggarakan setiap tahun secara bergantian. (has/has)