Menhan AS Sebut Indonesia Negara Penting di Indo-Pasifik

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 17:07 WIB
Menhan AS Sebut Indonesia Negara Penting di Indo-Pasifik Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis menyebut Indonesia sebagai negara penting di kawasan Indo-Pasifik. (REUTERS/Darren Whiteside)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis menyebut Indonesia sebagai negara penting di kawasan Indo-Pasifik. Adapun menurutnya, Amerika Serikat siap membantu Indonesia untuk menjaga perdamaian di kawasan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Mattis seusai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (23/1).

Dalam pertemuan, Mattis menyatakan Jokowi menyampaikan banyak hal terkait hubungan pertahanan antara Indonesia dan AS. Sayangnya, ia tak merinci poin-poin obrolan tersebut.


“Kami berbicara mengenai kemitraan antara kedua negara, dan kami menyimak perkataan Presiden mengenai hal-hal apa saja yang sekiranya bisa kami bantu. Posisi Indonesia sangat penting di kawasan Indo-Pasifik ini,” ujar Mattis ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (23/1).

Tak hanya membahas kemitraan antar-negara, Mattis menyebut bahwa Jokowi dan dirinya bertukar pikiran mengenai ketegangan di Semenanjung Korea terkait Korea Utara.

Menurutnya, Jokowi memahami bahwa permasalahan antara AS dan Korea Utara sedang difasilitasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sehingga ia memastikan bahwa polemik antara keduanya bisa diselesaikan secara damai.

“PBB sedang bekerja dengan baik (dalam menangani permasalahan Korea Utara) dan kami sudah melakukab tugas kami dengan PBB, sehingga kami bisa menjamin bahwa masalah ini bisa diselesiakan secara baik-baik,” tutur dia.

Mattis sendiri tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekira pukul 12.45 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan meninggalkan istana pukul 13.45 WIB. Adapun, Mattis melakukan lawatan kerja ke Asia sejak 22 Januari 2018 dimulai dari Vietnam.

[Gambas:Video CNN] (nat)