Bertemu Menhan AS, Wiranto Berbagi Pengalaman Atasi Terorisme

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 04:31 WIB
Bertemu Menhan AS, Wiranto Berbagi Pengalaman Atasi Terorisme Menko Polhukam Wiranto berbagi pengalaman Indonesia dalam memberantas terorisme dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS James Mattis. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto berbagi pengalaman Indonesia dalam memberantas terorisme dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS James Mattis di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (23/1).

"Pengalaman Indonesia mengatasi terorisme yang dikenal sebagai negara yang berhasil menangani terorisme dan kita punya metode hard and soft approach ya," kata Wiranto usai bertemu Mattis.

Selain mengulas penanggulangan terorisme, kedua Menhan juga membahas potensi kerja sama militer. Terutama di bidang transfer teknologi alutsista serta pertukaran perwira muda.

Menurut Wiranto, Amerika Serikat saat ini menganggap Indonesia sebagai salah satu negara yang cukup strategis untuk dijadiakn mitra dalam menjaga perdamaian di kawasan.

"Apakah itu mencakup keamanan kawasan, apakah itu Indo-Pasifik, Laut China Selatan, perairan Sulu, itu semua mendapat perhatian AS," tutur Wiranto.

Ketika disinggung oleh awak media apakah juga ada pembahasan terkait dengan masalah Palestina antara dirinya dengan Mattis, Wiranto memastikan tak ada pembahasan tentang hal tersebut.

Sebelum bertemu dengan Wiranto, Mattis telah lebih dulu bertemu dengan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Dalam pertemuan keduanya sejumlah isu menjadi pembahasan, yakni soal Laut China Selatan, Korea Utara, ISIS, hingga masalah Rohingya.

Mattis juga sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan keduanya membahas kesiapan AS untuk membantu Indonesia dalam upaya menjaga perdamaian di kawasan serta membahas pula tentang konflik Korea Utara.

[Gambas:Video CNN] (nat)