FOTO: Kenangan Holocaust Picu Ketegangan Israel-Polandia

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 30/01/2018 03:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hubungan Israel-Polandia memanas setelah PM Benjamin Netanyahu mengkritik undang-undang penghukum mereka yang mengaitkan Warsawa pada kejahatan Nazi.

Pagar berduri di kamp konsentrasi Nazi Jerman, Auschwitz, menjadi saksi peringatan korban Holocaust di Oswiecim, Polandia, Sabtu (27/1). (REUTERS/Kacper Pempel)
Gerbang 
Peringatan digelar ditengah kegeraman PM Netanyahu atas undang-undang yang baru disahkan Parlemen Polandia, yang menghukum siapa saja yang menggunakan frasa seperti
Netanyahu bahkan minta dubesnya di Warsawa bertemu PM Mateusz Morawiecky untuk menyatakan keberatan atas undang-undang tersebut. (REUTERS/Kacper Pempel)
Deputi Menteri Kehakiman Polandia Patryk Jaki yang merancang undang-undang itu lewat akun Twitter-nya menyatakan beleidnya tidak ditujukan melawan Israel. (REUTERS/Kacper Pempel)
Menurut Jaki, banyak tokoh, politisi dan media menentang beleid itu. Salah satunya lantaran menganggap Polandia turut bertanggung jawab atas pembantaian.
Bertahun-tahun Warsawa berusaha melawan istilah
Juru bicara pemerintah Polandia menegaskan undang-undang itu dibuat untuk menunjukkan kebenaran akan adanya kejahatan terhadap warga Polandia, Yahudi dan negara lain di abad ke-20 oleh rezim Nazi Jerman dan komunis Uni Soviet. (REUTERS/Kacper Pempel)