Seluruh Orang di Pesawat yang Jatuh Dekat Moskow Diduga Tewas

Reuters, AFP, & CNN, CNN Indonesia | Minggu, 11/02/2018 21:01 WIB
Seluruh Orang di Pesawat yang Jatuh Dekat Moskow Diduga Tewas Berdasarkan manifes penerbangan, di dalam pesawat milik maskapai Saratov Airlines yang jatuh usai lepas landas di bandara dekat Moskow, Rusia, terdapat 71 orang yang terdiri atas 65 penumpang dan 6 awak. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah pesawat penerbangan domestik terjatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di dekat Moskow, Rusia, Minggu (11/2).

Berdasarkan manifes penerbangan, di dalam pesawat milik maskapai Saratov Airlines itu terdapat 71 orang yang terdiri atas 65 penumpang dan 6 awak.

Seperti dilansir AFP, berdasarkan keterangan dari sumber di Badan Darurat Rusia menyatakan tipis kemungkinan ada korban selamat dalam kecelakaan penerbangan tersebut. Selain itu, para saksi yang berada di desa Argunovo--sekitar 80 km di tenggara Moskow-- mengaku melihat pesawat terbakar yang jatuh dari langit.



Sementara itu, anggota tim penyelamat kesulitan mencapai lokasi dengan kendaraan, sehingga harus mencapainya dengan jalan kaki. Badan darurat Rusia menyatakan lebih dari 150 anggota tim penyelamat dikerahkan ke lokasi kecelakaan. Saluran televisi negara Rusia menyiarkan lokasi jatuhnya di mana tampak puing-puing pesawat di atas salju tebal.

Seperti dilansir Reuters, pesawat milik maskapai Saratov Airlines itu jatuh beberapa saat setelah lepas landas dari bandara Domodedovo--sekitar 45 km dari pusat kota Moskow. Pesawat itu menghilang dari radar pengawas bandar udara Domodedovo sekitar dua menit setelah lepas landas.

Pesawat Antonov An-148 yang jatuh itu dalam rute penerbangan domestik menuju Orsk, sebuah kota di pegunungan Ural.

Menanggapi kecelakaan penerbangan tersebut, Juru Bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan, "Presiden menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada mereka yang kehilangan keluarga mereka dalam kecelakaan itu."

AFP mencatat pesawat tersebut berusia 7 tahun, dan dibeli maskapai Saratov Airlines dari maskapai penerbangan Rusia lainnya setahun lalu.

(kid/kid)