Korsel Kucurkan Rp35,9 M untuk Delegasi Korut di Olimpiade

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 11:35 WIB
Korsel Kucurkan Rp35,9 M untuk Delegasi Korut di Olimpiade Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan bahwa dana itu akan mencakup biaya untuk pemandu sorak, orkestra, penampil taekwondo, jurnalis, dan personel pendukung lain, dengan total 424 orang. (Yonhap via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan meloloskan penggunaan anggaran negara sebesar 2,86 miliar atau setara Rp35,9 miliar untuk mendanai akomodasi delegasi Korea Utara selama rangkaian Olmpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan bahwa dana itu akan mencakup biaya untuk pemandu sorak, orkestra, penampil taekwondo, jurnalis, dan personel pendukung lain, dengan total 424 orang.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Baik Tae-hyun, mengatakan bahwa sebagain besar anggaran ini, yaitu sekitar 1,2 miliar won, akan digunakan untuk akomodasi dan makan.
Sementara itu, sekitar 1 miliar won akan dipakai untuk biaya masuk ke dalam lokasi pertandingan Olimpiade, sisanya dipakai untuk transportasi.

Kebanyakan anggota delegasi Korut tinggal di hotel mewah di Seoul yang terletak tak terlalu jauh dari lokasi Olimpiade di Pyeongchang.

Dana penginapan delegasi ini akan diambil dari Pendanaan Kerja Sama Inter-Korea, salah satu badan anggaran dalam Kementerian Unfiikasi Korsel.
Namun, Baik mengatakan bahwa anggaran akomodasi untuk delegasi pejabat tinggi, termasuk adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, sudah disiapkan terpisah tanpa menjabarkan lebih lanjut.

Pendanaan delegasi Korut dalam Olimpiade Musim Dingin memecahkan rekor terbaru. Sebelumnya, Korsel hanya menggelontorkan dana sekitar 1,35 miliar won untuk akomodasi delegasi Korut selama Asian Games 2002 di Busan.

Korsel dapat menekan dana pada Asian Games karena saat itu, tim pemandu sorak Korut tinggal dan makan di dalam kapal feri. Inflasi juga menjadi faktor penting pada perhitungan anggaran ini. (has)