Kronologi Penembakan Sekolah di Florida Amerika Serikat

Natalia Santi | CNN Indonesia
Kamis, 15 Feb 2018 17:23 WIB
Kronologi penembakan sekolah di Florida, Amerika Serikat yang menewaskan 17 orang, Rabu (14/2). Sebelum beraksi menembaki SMA Marjory Stoneman Douglas di Florida, pelaku memicu alarm kebakaran sekitar sepuluh menit sebelum jam pulang sekolah. (AFP PHOTO / Michele Eve Sandberg)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penembakan sekolah di Florida, Amerika Serikat terjadi di Hari Valentine, Rabu (14/2). Sedikitnya 17 orang tewas dalam aksi penembakan yang terjadi menjelang pulang di Sekolah Menengah Atas Marjory Stoneman Douglas, Parkland, Florida, Amerika Serikat.

Berikut kronologi peristiwa seperti dirangkum dari beberapa media Amerika Serikat:

Distrik Sekolah Broward lewat akun Twitter menyatakan mereka mendengar suara tembakan menjelang jam pulang sekolah sekitar pukul 14:40.


Kantor Sheriff Broward lewat akun Twitter-nya menyatakan mereka sedang menyelidiki laporan penembakan di SMA Stoneman Douglas. Tiga menit kemudian Sheriff minta warga menjauhi wilayah sekitar sekolah tersebut. Kabar itu juga mendapat respons dari FBI.

Nicole Baltzer, seorang siswa, menyatakan sepuluh menit sebelum jam sekolah berakhir dia mendengar alarm kebakaran. Saat siswa dievakuasi dia mendengar enam tembakan, semua orang mulai berlari ke dalam sekolah. Dia mengunci diri di lantai dua.


Sekitar pukul 15.15 tayangan dari udara stasiun televisi WSVN yang berafiliasi dengan CNN memperlihatkan sejumlah orang terbaring di tanah, di luar sekolah, dirawat karena luka-luka atau diangkut ke ambulans.

Tampak pula para siswa berlari dari sekolah. Tangan mereka di atas kepala.

Puluhan kendaraan polisi tampak di lokasi. Termasuk satu tank, bersama satu tim bersenjata lengkap.

Seorang siswa yang bersembunyi mengunggah foto dari dalam kelasnya lewat akun Twitter.

Ibu seorang siswa SMA Stoneman Douglas mengatakan putrinya mengirim pesan singkat sepanjang penembakan, memohon agar dia menelepon 911. Putrinya berhasil kabur dan selamat dengan berlindung ke sebuah toko terdekat.

Terduga pelaku diangkut mobil ambulans dalam kondisi tangan terborgol.Foto: WSVN.com via REUTERS
Terduga pelaku diangkut mobil ambulans dalam kondisi tangan terborgol.


Justin Lewis, 16 tahun, mengatakan mereka berlatih situasi darurat pemadam kebakaran pada Rabu (14/2) pagi. Jadi saat mendengar suara alarm pada 14.30 mereka kira itu adalah latihan kebakaran lagi. Barulah saat mereka dievakuasi, Lewis sadar itu bukanlah latihan kebakaran.

Melissa Falkowski, guru bahasa Inggris, mengatakan dia menyembunyikan 19 siswa dalam kloset selama penembakan.

Sekitar pukul 3:50 Presiden Amerika Serikat Donald Trump, setelah dibrifing soal penembakan sekolah di Florida, lewat akun Twitter-nya menyatakan "Tidak seorang anak, guru atau siapa pun merasa tidak aman."



Pukul 3:54 Distrik Sekolah melaporkan aparat telah memeriksa seluruh gedung sekolah.

Pukul 4:11, Sheriff Broward memastikan pelaku penembakan telah ditahan.

Pukul 18:30 Sheriff Broward Scott Israel mengumumkan korban tewas mencapai 17 orang. Pelaku diidentifikasi sebagai Nikolas Cruz, 19 tahun, eks siswa yang dikeluarkan dari sekolah itu karena melanggar kedisiplinan.

[Gambas:Video CNN] (nat/nat)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER