KJRI Datangi Rumah Majikan TKI Yang Diduga Tak Digaji

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 20/02/2018 19:00 WIB
KJRI Datangi Rumah Majikan TKI Yang Diduga Tak Digaji Tim KJRI Penang mendatangi rumah majikan Petronela Nahak, TKI asal Nusa Tenggara Timur yang diduga tak digaji, Senin (19/2). (Dok. Kementerian Luar Negeri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim perlindungan warga negara Indonesia dari Konsulat Jenderal RI di Penang, Malaysia, mendatangi rumah majikan Petronela Nahak, TKI asal Nusa Tenggara Timur yang diduga tak digaji, Senin (19/2).

"Segera setelah menerima informasi, KJRI Penang  berkoordinasi  dengan kepolisian Penang  mendatangi rumah majikan. Saat ditemui di rumah majikannya, Petronela Nahak dalam keadaan sehat dan aman," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri, Selasa (20/2).

Kemlu RI mengatakan Petronela langsung dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. Dari keterangan awal yang diperoleh, diketahui bahwa perempuan kelahiran 1984 itu berangkat ke Malaysia pada 2009 lalu dan bekerja secara legal di sana.
Dalam kesaksiannya, Petronela mengaku tak mengalami kekerasan fisik apa pun dari sang majikan. Namun, dia mengaku tidak dibayar gaji dan tidak diizinkan pulang.


"Kepolisian masih akan melakukan pendalaman terhadap pengakuan tersebut," tulis Kemlu RI.

Kasus ini dapat terlacak oleh KJRI karena sempat viral di media sosial. Dalam sejumlah pemberitaan, Petronela disebut tidak diizinkan pulang selama tujuh tahun dan gajinya pun tak dibayar.
Saat ini, Petronela sudah dibawa ke tempat penampungan sementara KJRI Penang sambil menunggu penyelesaian kasusnya. 

Seorang pejabat KJRI Penang yang langsung menangani kasus ini, Neni Kurniawati, mengatakan timnya hari ini juga akan bertemu dengan agen perekrut Petronela untuk menyelesaikan hak-hak yang bersangkutan.

Terpisah, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal, mengimbau masyarakat agar segera melapor jika mengetahui ada WNI di luar negeri yang sedang menghadapi masalah, sehingga perwakilan RI bisa segera memberikan pertolongan. (has)