'Berdebat' dengan Trump, Presiden Meksiko Tunda Pergi Ke AS

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 25/02/2018 13:37 WIB
Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menunda rencana kunjungannya ke Amerika untuk bertemu dengan Donald Trump. Pena Nieto (REUTERS/Mexico Presidency/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menunda rencana kunjungannya ke Amerika untuk bertemu dengan Donald Trump.

Pejabat senior AS mengungkapkan bahwa penundaan ini terjadi setelah adanya panggilan telepon Trump ke Nieto terkait tembok perbatasan.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa sekarang bukanlah saat yang tepat untuk berkunjung, tapi mereka akan tetap terus berkomunikasi dan bekerjasama," kata pejabat tersebut dikutup dari Reuters.



Pejabat Meksiko sudah mengungkapkan bahwa pertemuan puncak antara Trump dan Nieto akan digelar pada beberapa minggu ke depan, tanpa menjelaskan tanggal spesifiknya.

The Washington Post mengungkapkan bahwa dua pemimpin tersebut berbicara selama sekitar 50 menit pada Selasa lalu. Namun diskusi tersebut menemui jalan buntu ketika Trump tak setuju untuk menegaskan posisi Meksiko secara terbuka dan tak akan mendanai pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Seorang pejabat Meksiko mengatakan bahwa Trump kehilangan kesabaran selama percakapan tersebut. Hanya saja pejabat AS menggambarkan perilaku Trump sebagai orang yang frustasi dan jengkel. 

Trump meyakini bahwa tak ada alasan bagi Nieto untuk memintanya mundur dari janji kampanyenya memaksa Meksiko untuk membayar pembangunan tembok tersebut. (chs/chs)