Wanita Saudi Kini Boleh Jadi Pemandu Wisata Berlisensi

LIT, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 23:38 WIB
Wanita Saudi Kini Boleh Jadi Pemandu Wisata Berlisensi Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTNH) menyatakan wanita Arab Saudi kini boleh menjadi pemandu wisata berlisensi mulai tahun ini. (AFP PHOTO / FAYEZ NURELDINE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wanita Arab Saudi kini dapat bekerja sebagai pemandu wisata berlisensi dari Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTNH).

Direktur nasionalisasi sektor perhotelan di SCTNH, Badr Al-Obaid, mengatakan mulai tahun ini wanita Saudi bisa mendapat lisensi untuk bekerja sebagai pemandu wisata.

Dia menyarankan para wanita untuk mengunjungi situs SCTNH demi mengetahui peraturan untuk mendapat izin pemandu wisata.


Dalam acara Forum Pemberdayaan Perempuan dan Integrasi, Minggu (4/3) dia mengatakan lembaganya sangat ingin menerapkan Saudisasi di berbagai tingkatan di sektor pariwisata. Program latihan diberikan kepada lebih dari 8.000 generasi muda Saudi untuk melibatkan mereka di pasar kerja.

Sesuai Visi Arab Saudi 2030, selama dua tahun terakhir lebih dari 400 pemuda Saudi mendapatkan beasiswa luar negeri.

SCTHN juga mendukung generasi muda untuk berinvestasi di sektor pariwisata.


Visi Arab Saudi 2030 menyorot peran pariwisata dan hiburan dalam membantu diversifikasi pendapatan dan mendorong investasi swasta.

Dalam forum tersebut, wanita pertama yang menjadi direktur sebuah hotel di Arab Saudi, Hessa Al-Mazroa mengungkapkan tantangan untuk bekerja di lembaga yang membutuhkan standar internasional tersebut .

"Pemberdayaan perempuan datang bersama tanggung jawab," kata Al-Mazroa dalam forum tersebut seperti dilansir Saudi Gazette.

Baru-baru ini SCTNH juga memilih seorang pemandu wisata perempuan, Maryam Al-Harbi sebagai pemandu wisata terbaik 2017 SCTNH. Kerjanya dalam memperbaiki layanan bagi pengunjung Saudi dipuji.

Dia mengatakan pendidikan arkeologinya memunculkan ketertarikan pada cerita sejarah dan menginspirasinya untuk menjadi pemandu wisata.

Dikutip dari Arab News, Al-Harbi mengatakan, "Profesi (pemandu wisata) dulunya diperuntukkan bagi pria di Arab Saudi, namun beberapa delegasi wanita ingin memiliki pemandu wanita".

Sebagai pemandu wisata wanita Saudi Arabia pertama, dia berharap dapat menginspirasi wanita lain untuk mengikuti jejaknya.

Arab Saudi melakukan modernisasi dan reformasi di berbagai bidang. Beberapa kebijakan baru Saudi mendobrak pandangan konservatif selama ini. Pertama mengizinkan perempuan mengemudi, Arab Saudi terus menggulirkan keterbukaan.

[Gambas:Video CNN] (nat)