Raja Maha Gantikan Raja Bhumibol di Uang Kertas Baru Thailand

LIT, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 12:27 WIB
Raja Maha Gantikan Raja Bhumibol di Uang Kertas Baru Thailand Bank Sentral Thailand mengumumkan uang kertas baru bergambar Raja Maha Vajiralongkorn, menggantikan mendiang ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej, Kamis (8/3). (REUTERS/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Sentral Thailand mengumumkan uang kertas baru bergambar Raja Maha Vajiralongkorn, menggantikan uang kertas bergambar mendiang sang ayah Raja Bhumibol Adulyadej, Kamis (8/3).

The Bank of Thailand memperlihatkan desain baru tersebut di kantor pusatnya di Bangkok. Dikutip dari Khaosod English, uang bath dengan wajah Raja Maha Vajiralongkorn akan beredar mulai 6 April, hari jadi ke-236 berdirinya Dinasti Chakri.

Dilaporkan Bangkok Post, pecahan 20, 50 dan 100 bath akan dirilis pada 6 April. Sedangkan uang kertas 500 dan 1000 bath akan mulai beredar pada 28 Juli, bertepatan dengan ulang tahun Raja Maha Vajiralongkorn.


Uang kertas tersebut menjadi penanda langkah baru dalam transisi kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn, yang juga dikenal sebagai Rama X.

Rama X naik takhta pada Desember 2016 setelah kematian ayahnya. Penobatannya diperkirakan akan berlangsung tahun ini setelah masa berkabung yang panjang selesai.

Ayah dari Rama X dipuja secara luas di Thailand. Banyak yang menunjukkan rasa duka dengan berpakaian hitam sepanjang tahun sampai kremasinya Oktober lalu. Wajah Raja Bhumibol, Rama IX, tertera pada uang kertas Thailand selama tujuh dekade masa pemerintahannya.

"Kedepannya, kami hanya akan mencetak uang kertas baru," kata Gubernur Bank Sentral Veerathai Santiprabhob kepada wartawan.

Dikutip dari Bangkok Post, sumber tak bernama dari kementerian keuangan Thailand mengatakan, "Ukuran dan berat koin baru akan sama dengan koin yang beredar dalam masa pemerintahan Raja Bhumibol Adulyadej, agar kompatibel dengan mesin penjual otomatis saat ini."

Semua uang cetakan lama akan tetap dapat dipergunakan serta dipermudah karena ukuran dan warnanya yang sama dengan uang baru.

(nat)