Dibunuh di Malaysia, Jasad WNI Ditemukan dalam Lemari

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 15:24 WIB
Dibunuh di Malaysia, Jasad WNI Ditemukan dalam Lemari Ilustrasi. (Thinkstock/Fergregory)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jasad seorang warga negara Indonesia yang menjadi korban pembunuhan di Malaysia, Santi Restauli Simbolon, ditemukan di dalam lemari di sebuah apartemen di Penang pada Selasa (13/3).

"Jenazah Santi ditemukan kepolisian Pulau Penang dalam keadaan membusuk di dalam lemari terkunci pada tanggal 13 Maret 2018.  Di tubuh korban ditemukan sejumlah tanda-tanda kekerasan," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (15/3).
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, mengatakan bahwa korban diduga dibunuh sekitar 2-3 hari sebelum jenazah ditemukan.

"Terduga pembunuh seorang warga negara Nepal, saat ini dalam buronan polisi Malaysia. Dua warga negara Nepal lainnya yang tinggal serumah dengan terduga pelaku sudah ditahan pihak kepolisian untuk dimintai keterangan," kata Iqbal.


Asisten komisioner kepolisian George Town, Anuar Omar, menjelaskan kepada The Star bahwa pelaku pembunuhan adalah kekasih korban, Sandip Gurung. Menurut Omar, kedua orang yang sudah di tangan kepolisian adalah teman dari kekasih korban.
Sementara itu, jenazah Santi sudah tiba di Medan hari ini sekitar pukul 11.10. Staf Konsuler Konsulat Jenderal RI Penang dan pejabat Kemlu RI, Judha Nugraha, langsung menyerahkan jasad itu kepada BP3TKI bersama keluarga di sesampainya di bandara.

"Kami akan bantu proses klaim hak-hak almarhumah, termasuk asuransi. Kami juga akan kawal proses hukumnya untuk pastikan pelaku segera ditangkap dan dihukum seberat-beratnya", ujar Judha kepada keluarga yang menjemput jenazah di Bandara Kuala Namu. (has/has)