Senator Peringatkan Trump Soal Upaya Setop Penyelidikan FBI

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 05:50 WIB
Senator Peringatkan Trump Soal Upaya Setop Penyelidikan FBI Dua Senator AS dari Partai Republik mewanti-wanti Presiden AS Donald Trump agar tak melakukan upaya mengintervensi FBI dan Kehakiman menyetop penyelidikan atas keterlibatan Rusia dalam Pemilu 2016. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senator Amerika Serikat yang berasal dari Partai Republik, Jeff Flake, mewanti-wanti presiden negara itu, Donald Trump, soal upaya menghentikan penyelidikan federal atas keterlibatan Rusia dalam pemilu 2016.

Flake berharap Trump membiarkan biro investigasi federal (FBI) dan Dewan Khusus Kementerian Kehakiman AS, Robert Mueller, melakukan pekerjaan mereka. Soal upaya penghentian penyelidikan itu kembali mencuat setelah munculnya kicauan Trump lewat akun Twitter menanggapi pemecatan mantan Wakil Direktur FBI Andrew McCabe dari badan investigasi itu akhir pekan lalu. McCabe menjadi target kemarahan Trump karena dinilai membiarkan penyelidikan atas keterlibatan Rusia dalam Pemilu 2016.

"Saya tak tahu ada rencana apa pada Mueller, namun ini tampaknya terbangun ke arah sana, dan saya hanya berharap itu tak mengarah ke sana, karena ini tak dapat diterima. Kami di dalam Kongres (AS) tak dapat menerimanya," kata Flake seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/3).


"Jadi saya akan menilai untuk melihat pertimbangan mendorong dalam beberapa hari ke depan mengimbau presiden tidak melakukan itu [menghentikan penyelidikan FBI dan departemen kehakiman]. Dia tak boleh melakukan itu," imbuh Flake.


Dewan Khusus Kementerian Kehakiman AS, Robert Mueller, kini sedang menyelidiki dugaan kolusi antara tim kampanye Trump dan Rusia, sesuai dengan sejumlah laporan intelijen yang menyatakan Moskow membantu kemenangan sang presiden pada 2016 silam.

Trump sendiri menuding Mueller bersama McCabe dan mantan bosnya di FBI, James Comey melakukan aksi politis dengan menyelidiki dugaan keterlibatan Rusia dalam pemilu AS 2016 silam.

Pendapat serupa Flake diungkap Senator dari Partai Republik lainnya, Lindsey Graham. Graham menyatakan sangat penting bagi Mueller dan FBI untuk dibiarkan tetap melakukan investigasi itu tanpa diinterfensi. Dan, sambung Graham, itu pun dipandang sama oleh sesama anggota Partai Republik yang notabene mengusung Donald Trump untuk jadi Presiden AS pada pemilu 2016 silam.

"Dia perlu untuk tetap bisa melakukan pekerjaaannya dengan independen dari pengaruh politik apapun. Saya berjanji kepada rakyat Amerika sebagai seorang Republikan, untuk memastikan bahwa Tuan Mueller dapat terus melakukan tugasnya tanpa adanya gangguan," kata Graham. "Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, jika dia [Trump] mencoba melakukan itu, itu akan menjadi awal dari akhir masa kepresidenannya, karena kita adalah negara hukum," kata Graham.

(kid/kid)