Cerita Kerinduan Dubes Korsel di Indonesia akan Nasi Padang

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 19:23 WIB
Cerita Kerinduan Dubes Korsel di Indonesia akan Nasi Padang Duta Besar Korea Selatan yang baru, Kim Chang-beom pernah ditugaskan ke Indonesia dan menyukai masakan Padang. (Riva Dessthania Suastha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wajah Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, mendadak sumringah ketika tim CNNIndonesia.com mengakhiri sesi wawancara soal situasi di Semenanjung Korea dengan bertanya mengenai kesan-kesannya bertugas di Indonesia.

Meski baru sebulan di Jakarta dan menjadi dubes Korsel untuk RI, Kim bercerita ternyata ini bukan pertama kalinya dia tinggal di Tanah Air. Pria 57 tahun itu mengatakan pernah tinggal di Jakarta selama dua tahun sekitar awal 2000-an.

"Sekitar tahun 2003-2005 saya pernah menjadi penasihat politik Kedubes Korsel untuk Indonesia. Jadi, saya sangat senang kembali ke Indonesia. Rasanya seperti pulang kampung," kata Kim saat ditemui tim CNNIndonesia.com di kantornya pekan lalu.


Kim mengatakan sangat menyenangkan saat bertugas di Indonesia. Meski pernah ditempatkan di beberapa negara lain, dia mengaku Indonesia seperti rumah keduanya setelah Negeri Ginseng.

"Indonesia lebih seperti rumah kedua untuk saya. Karena itu, rasanya selalu menyenangkan untuk kembali ke rumah kedua saat aya ditugaskan kembali ke Indonesia. Saya juga bisa bertemu dengan kerabat dan teman lama di sini," paparnya.

Kim mengatakan ada satu hal lainnya yang ia rindukan dari Indonesia, yakni masakan tradisionalnya. Dari beberapa makanan yang ia suka, yang menjadi favortinya adalah nasi padang.

"Saya suka semua masakan Indonesia. Tapi secara pribadi saya sagat suka masakan padang. saya suka rasa pedas dan bumbunya yang kuat dan buat saya rindu," katanya.

Kim lulus sarjana jurusan Bahasa dan Literatur Inggris dari Seoul National University pada 1981 dan sejak itu bekerja di Kementerian Luar Negeri Korsel. Pada 1986, dia melanjutkan studi S2 di Johns Hopkins University, Washington DC, Amerika Serikat.

Sebelum menjadi dubes di Indonesia, Kim juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kedua Kedubes Korsel di Jepang, Sekretaris Pertama Kedubes Korsel di AS, dan Dubes Korsel untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa.

[Gambas:Video CNN] (nat)