Gempa 9,2 SR Guncang Alaska pada Jumat Agung 64 Tahun Lalu

Natalia Santi, CNN Indonesia | Selasa, 27/03/2018 15:23 WIB
Gempa 9,2 SR Guncang Alaska pada Jumat Agung 64 Tahun Lalu Sebuah gempa berkekuatan 9,2 skala Richter terjadi 64 tahun lalu di Alaska, (Thinkstock/allanswart)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah gempa berkekuatan 9,2 skala Richter mengguncang Alaska 64 tahun lalu. Gempa yang terjadi di Hari Jumat Agung tersebut terkuat kedua sepanjang sejarah, setelah gempa berkekuatan 9,5 yang menggunang Chile pada 1960.

Gempa Alaska digambarkan penulis Henry Quake dalam bukunya, "The Great Quake: Bagaimana gempa terbesar di Amerika Utara Mengubah Pemahaman Kita tentang Planet". Di Pantai Cannon, warga yang sedang bermain poker mengabaikan telepon yang menyebut kemungkinan terjangan gelombang.

"Telepon kedua tak lama kemudian mengabarkan gelombang telah menghantam pantai," tulis Fountain seperti dilansir Daily Astorian, Senin (26/3).



"Beberapa rumah hanyut, jembatan kota hancur, tapi semua orang termasuk para pemain poker, selamat."

Gempa yang berpusat di antara Anchorage dan Valdez, Alaska berdurasi empat menit itu menewaskan sedikitnya 136 orang. Lima belas akibat gempa, dan 124 lagi akibat tsunami yang menyeret gelombang hingga California.

Gelombang tsunami akibat gempa Alaska dilaporkan terjadi di lebih dari 20 negara, termasuk Peru, Selandia Baru, Papua Nugini, Jepang, Meksiko dan Antartika.

(nat)