AS Bakal Kerahkan Kapal Induk ke Timur Tengah

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Kamis, 12/04/2018 02:25 WIB
AS Bakal Kerahkan Kapal Induk ke Timur Tengah Kapal induk USS Harry S Truman milik Amerika Serikat akan dikerahkan ke Timur Tengah. (U.S. Navy/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angkatan Laut Amerika Serikat berencana mengerahkan kapal induk USS Harry S Truman dan tujuh kapal perang lainnya ke Timur Tengah dan Eropa.

Menurut pernyataan resmi militer, ketujuh kapal perang itu termasuk kapal penjelajah berteknologi rudal USS Normandy, kapal perusak USS Arleigh Burke, kapal perusak kawal rudal USS Bulkeley, USS Forrest Sherman, USS Farragut, USS Jason Dunham, dan USS The Sullivans.

Armada yang setidaknya mengangkut 6.500 personel itu juga dikabarkan akan didampingi kapal frigat FGS Hessen Jerman selama paruh pertama pelayarannya.


Pada 2016, kapal-kapal ini pernah dikerahkan ke perairan Mediterania guna membantu koalisi AS melawan kelompok teroris ISIS. Selama operasi itu, kapal-kapal tersebut menjatuhkan setidaknya 819 bom.
Dilansir Anadolu, rencana mobilisasi kapal perang ini dilakukan AS ketika Presiden Donald Trump mengancam akan menindak tegas bahkan menyerang Suriah terkait dugaan serangan senjata kimia di Ghouta akhir pekan lalu.

Serangan itu menewaskan setidaknya 60 orang dan melukai 1.000 lainnya di sejumlah lokasi di Douma, tak jauh dari Ibu Kota Damaskus.

Sejumlah aktivis mengatakan serangan gas beracun itu berasal dari sejumlah bom barel yang dijatukan helikopter di atas Douma hingga menyebabkan orang-orang mati lemas dan tersedak.


(aal)