Kesehatan Menurun, Barbara Bush Tak Cari Opsi Medis Tambahan

CNN, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 02:02 WIB
Kesehatan Menurun, Barbara Bush Tak Cari Opsi Medis Tambahan Mantan Presiden George HW Bush dan isterinya Barbara Bush, di Houston, AS, 2017. (REUTERS/Adrees Latif)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istri mantan Presiden AS George HW Bush, Barbara Bush (92), dikabarkan mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Kepada CNN, sebuah sumber yang dekat dengan keluarga Bush mengatakan Barbara sudah lama berjuang melawan penyakit paru-paru kronik (COPD) dan gagal jantung kongestif (CHF). Ia juga beberapa kali keluar-masuk Rumah Sakit (RS) dalam setahun terakhir.

Sumber itu juga menyebut bahwa Barbara saat ini dirawat di rumahnya, Houston, dan memutuskan tak ingin kembali ke RS.

Kantor mantan Presiden AS ke-41 George HW Bush, pada Minggu (15/4), mengonfirmasi bahwa Barbara memutuskan untuk tidak mencari pertolongan medis tambahan setelah "rangkaian rawat inap di RS baru-baru ini".

"Tidak mengejutkan bagi orang-orang yang mengenalnya bahwa Barbara Bush sabar dalam menghadapi masalah kesehatannya, tidak mengkhawatirkan dirinya sendiri, berkat imannya yang teguh, tetapi merisaukan orang lain," ucap pernyataan itu.

"Dia dikelilingi oleh keluarga yang ia cintai, dan menghargai pesan-pesan, terutama doa, yang dia terima," pernyataan itu menambahkan.

Diketahui, Bush dan Barbara telah menikah selama 73 tahun. Barbara merupakan satu-satunya istri mantan Presiden sekaligus ibu dari mantan Presiden, yang adalah George W Bush, yang masih hidup.




(arh)