Warga Jerman Pembantu Teror 11 September Ditangkap di Suriah

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 23:31 WIB
Warga Jerman Pembantu Teror 11 September Ditangkap di Suriah Serangan teror 9/11 di Gedung Kembar WTC. Warga Jerman yang membantu aksi itu dilaporkan ditangkap di Suriah. (AFP Photo/Henny Ray Abrams)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Jerman kelahiran Suriah yang dituding membantu merencanakan dan merekrut untuk serangan teror 11 September 2001 di Amerika Serikat dilaporkan telah ditangkap di Suriah.

Seorang komandan senior yang tak disebutkan namanya menyatakan Mohammed Haydar Zammar ditangkap pasukan Kurdi pada Rabu (18/4).

Bekas ustaz yang kerap bicara blak-blakan di Jerman itu dituding mengatur perjalanan Mohammed Atta, pemimpin pembajak 9/11, menuju ke Afghanistan untuk berlatih dengan al-Qaidah.


Sejumlah pejabat Jerman yang dikutip Sputnik juga menyebut keduanya kerap bertemu.
Laporan Komisi 9/11 yang diterbitkan pada 2004 menyebut Zammar "menikmati kesempatan apapun untuk memuja pola pikir jihad dengan kekerasan."

Dia sempat ditahan di Maroko lewat operasi Badan Intelijen Pusat AS (CIA), sebulan setelah pesawat yang dibajak menabrak gedung kembar World Trade Center di New York dan Pentagon.

Ia kemudian diserahkan kepada pemerintah Suriah dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara karena jadi anggota Ikhwanul Muslimin.
Ia dibebaskan lewat pertukaran tahanan antara pemerintahan Assad dan pemberontak yang berupaya menggulingkannya pada 2013.

(aal)