Rumania Pindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem

Natalia Santi, CNN Indonesia | Jumat, 20/04/2018 14:07 WIB
Rumania Pindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem Ilustrasi. Reuters
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Rumania telah mengadopsi memorandum untuk secara resmi memindahkan kedutaan di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Rumania akan memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem. Prosedurnya sudah dimulai, sebuah memorandum telah disepakati," kata ketua partai berkuasa, Partai Demokratis Sosial, Liviu Dragnea, kepada televisi Rumania, Antena 3.

Menurut Dragnea, pemerintah Perdana Menteri Rumania Viorica Dancilla telah menyepakati pada Rabu tentang dimulainya prosedur pemindahan kedutaan ke Yerusalem.


Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memindahkan kedutaan Amerika Serikat ke Yerusalem, kota yang diperebutkan Israel dan Palestina telah memicu aksi protes dan kecaman 128 negara dalam pemungutan suara Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Desember lalu.

Hanya tujuh negara kecil yang setuju bersekutu dengan Amerika Serikat dan Israel. Trump berencana pergi ke Yerusalem untuk membuka kedutaan AS pada pertengahan Mei mendatang.

Rumania akan menjadi negara anggota Uni Eropa pertama yang mengikuti langkah AS memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Dragnea menyebut bahwa pemindahan kedutaan ke Yerusalem sebagai langkah simbolis yang bernilai tinggi dan menyatakan Israel memiliki pengaruh yang besar dan sangat bernilai bagi pemerintah Amerika Serikat.

"Menurut saya keputusan itu akan menghasilkan keuntungan besar bagi Rumania," tambah dia.

"Ini juga pendekatan yang pragmatis, sama seperti kita semua, Israel punya hak untuk menentukan ibu kota di mana yang diinginkan," kata Dragnea.

Dia mengisyaratkan untuk memindahkan kedutaan ke Yerusalem pada tahun lalu. Tapi Presiden Rumania Klaus Iohannis menentangnya dan menyatakan status Yerusalem harus diselesaikan antara Israel dan Palestina yang sama-sama mengklaim kota itu tiga agama itu sebagai Ibu Kota mereka.

Selain Rumania, sebelumnya Guatemala juga akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Amerika Serikat berencana membuka kedutaan di Yerusalem pad 14 Mei, adapun Guatemala pada 16 Mei. Rumania belum menetapkan waktu pemindahan kedutaan.

(nat)