4 Mantan Presiden AS Hadiri Pelayanan Pemakaman Barbara Bush

Resty Armenia, CNN Indonesia | Minggu, 22/04/2018 00:55 WIB
4 Mantan Presiden AS Hadiri Pelayanan Pemakaman Barbara Bush Empat mantan presiden Amerika Serikat mengucapkan salam perpisahan kepada Barbara Bush di acara pelayanan pemakaman di Texas, Sabtu (21/4) waktu setempat. (AFP PHOTO/CARLOS SCHIEBECK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat mantan presiden Amerika Serikat, keluarga dan sahabat mengucapkan salam perpisahan kepada Barbara Bush, ibu pemimpin dari salah satu dinasti politik paling menonjol di AS, di acara pelayanan pemakaman di Texas, Sabtu (21/4) waktu setempat.

Barbara, yang meninggal pada Selasa (17/4), merupakan istri dari Presiden AS ke-41 dan ibu dari Presiden AS ke-43. Dia dikenal atas kekuatan, kecerdasan dan keramahannya.

Melansir AFP, pelayanan pemakanan yang digelar di St Martin's Episcopal Church di Houston dihadiri oleh empat mantan presiden AS, yakni George H.W. Bush (suami Barbara), George W. Bush (anak Barbara), Bill Clinton dan Barack Obama. Selain itu, hadir pula para mantan pejabat senior.



Ibu Negara AS Melania Trump menghadiri acara tersebut, namun Presiden AS Donald Trump tidak mendampinginya. Gedung Putih menyebut keputusan Trump untuk tinggal di Washington diambil demi "menghindari kekacauan akibat tambahan keamanan."

"Hari ini, pikiran dan doa saya menyertai seluruh keluarga Bush," cuit Trump lewat akun Twitter resmi miliknya, seraya mengaku berencana menyaksikan upacara pemakaman Barbara.


Publik berkesempatan untuk menunjukkan rasa hormatnya kepada Barbara di hari sebelumnya dalam sebuah kunjungan.

"Barbara Bush memenuhi hidup kami dengan tawa dan kebahagiaan," ujar Jeb, putra Barbara yang juga bekas Gubernur Florida dan kandidat presiden, dalam acara pelayanan pemakaman itu.

"Di keluarga kami, dia [Barbara] adalah guru dan panutan kami akan bagaimana menjalani hidup dengan tujuan dan arti," imbuhnya.


Barbara muncul sebagai figur politik besar saat suaminya, George H.W. Bush, menjabat jadi wakil presiden dan presiden. Dia adalah perempuan kedua di Amerika yang suami sekaligus anaknya terpilih jadi kepala negara.

Setelah meninggalkan Gedung Putih, Barbara menjadi juru bicara andal untuk dua putranya, George W. dan Jeb Bush, saat mereka berkampanye.

Cepat tanggap dan berkomentar pedas, Barbara Bush jadi pembela utama sekaligus penasihat suaminya. Dengan rambut putih dan perhiasan mutiara khasnya, dia dikenal sebagai tokoh publik yang bicara blak-blakan.

(res)