Istri Anwar Ibrahim Maju Jadi Calon Anggota Parlemen Selangor

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 09:38 WIB
Istri Anwar Ibrahim Maju Jadi Calon Anggota Parlemen Selangor Wan Azizah Wan Ismail, Presiden PKR sekaligus istri mantan Wakil PM Malaysia, Anwar Ibrahim, mencalonkan diri menjadi anggota parlemen Selangor. (AFP Photo/Mohd Rasfan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wan Azizah Wan Ismail, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) sekaligus istri mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, mencalonkan diri menjadi anggota parlemen Selangor.

Seorang sumber pejabat PKR mengonfirmasi kabar ini kepada Channel NewsAsia. Menurut sumber tersebut, putri Wan Azizah, Nurul Izzah, juga akan berlaga dalam pemilihan anggota parlemen Penang.

Mantan aktivis pemimpin gerakan Bersih, Maria Chin Abdullah, juga akan memperebutkan kursi parlemen Petaling Jaya di bawah bendera PKR.
Dalam pidato pencalonan dirinya, Maria mengatakan bahwa dia memutuskan untuk maju di bawah bendera PKR untuk memastikan kehendak rakyat benar-benar terjamin di parlemen.


Secara keseluruhan, PKR akan memperebutkan 51 kursi parlemen pada pemilu yang digelar pada 9 Mei mendatang.

PKR tergabung dalam koalisi oposisi Pakatan Harapan bersama tiga partai lainnya. Mereka akan bertarung melawan koalisi berkuasa, Barisan Nasional, yang baru saja mengumumkan kandidat mereka di lima negara bagian.
Total ada 222 kursi parlemen yang diperebutkan. Koalisi yang berhasil meraih 112 kursi akan memegang mayoritas parlemen dan berhak menunjuk perdana menteri.

Jika BN menang, Najib Razak akan mempertahankan posisinya sebagai perdana menteri.

Namun, jika Pakatan Harapan menang, Mahathir Mohamad akan ditunjuk menjadi perdana menteri interim dengan Wan Azizah sebagai wakilnya.

Mahathir akan menyerahkan jabatannya kepada Anwar Ibrahim saat mantan wakilnya itu keluar dari bui. (has/has)