FOTO: Dampak Kebakaran Dahsyat Gedung 22 Lantai di Brasil

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 16:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah gedung 22 lantai di Brasil dilalap api hingga roboh. Ratusan tunawisma yang menghuni gedung terbengkalai itu kini mesti mencari atap baru untuk berteduh.

Asap tebal ini berasal dari reruntuhan sebuah gedung terbengkalai setinggi 22 tingkat yang dihuni oleh ratusan penghuni ilegal. (REUTERS/Paulo Whitaker)
Gedung yang berada di pusat Sao Paulo itu dilalap api dan roboh pada Selasa dini hari, menewaskan setidaknya satu orang. (REUTERS/Paulo Whitaker)
Siaran langsung di televisi sempat menunjukkan seorang lelaki di gedung tersebut, mencoba menyelamatkan diri dengan tali penyelamat dan dibantu pemadam kebakaran. (REUTERS/Leonardo Benassatto)
Namun, gedung tiba-tiba ambruk dan orang tersebut menghilang di tengah reruntuhan. Pihak berwenang menduga lelaki itu jadi korban jiwa, meski pencarian masih terus dilakukan. (REUTERS/Leonardo Benassatto)
Menurut pihak berwenang, sebanyak 400 orang terdaftar tinggal di bangunan milik pemerintah itu. Sementara penyebab kebakaran masih belum diketahui. (REUTERS/Leonardo Benassatto)
Bangunan bekas perkantoran itu sempat jadi markas salah satu cabang kepolisian federal Brasil, tapi tujuh tahun belakangan berubah jadi tempat tinggal penghuni ilegal. (REUTERS/Leonardo Benassatto)
Pemerintah kota dan negara bagian sudah mengusir para penghuni ilegal itu selama bertahun-tahun dan berencana merevitalisasi area sekitarnya. (REUTERS/Nacho Doce)
Pemerintah kota juga menyatakan sebanyak 150 bangunan di daerah tersebut dihuni oleh kelompok penghuni ilegal yang terorganisir. (REUTERS/Nacho Doce)
Kelompok itu terus menekan pemerintah selama bertahun-tahun untuk menuntut tempat tinggal bagi tunawisma yang ada di kota tersebut. (REUTERS/Nacho Doce)
Anak ini adalah salah satu keluarga tunawisma yang tinggal di gedung yang terbakar. Usai insiden kebakaran ini, belum diketahui di mana ia akan berteduh kelak. (REUTERS/Nacho Doce)