Perdana Menteri China Kunjungi Indonesia Bahas Kereta Cepat

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 15:06 WIB
Perdana Menteri China Kunjungi Indonesia Bahas Kereta Cepat Perdana Menteri China Li Keqiang akan mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (6/5). (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri China Li Keqiang akan mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (6/5).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan lawatan Li ke Indonesia dilakukan sebagai kunjungan balasan dan memenuhi undangan Jokowi yang telah lebih dulu menemuinya di Beijing, Maret 2015 lalu.

Meski begitu dia belum bisa memberikan detail rincian pembahasan yang akan dibahas Jokwi dan Li nanti.


"PM China akan berkunjung ke Indonesia pekan depan selama beberapa hari. Lawatan ini dilakukan guna memenuhi undangan Presiden Jokowi. Tapi mengenai detail pertemuan mereka ini masih dibicarakan oleh Menlu RI Retno Marsudi," kata Arrmanatha dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (3/5).

Arrmanatha mengatakan rincian lawatan Li ke Jakarta baru akan diputuskan setelah Retno dan sejumlah pejabat China menggelar pertemuan khusus besok, Jumat (4/5).


Sejumlah media lokal melaporkan bahwa Li akan berkunjung ke Indonesia selama 3 hari sebelum bertolak ke Tokyo.

Sementara itu dikutip kantor berita Xinhua, lawatan Li ke Jakarta dilakukan guna memperkuat kerja sama antara kedua negara, salah satunya dalam bidang ekonomi.

Li diperkirakan akan membahas iniatif One Belt and One Belt Road (OBOR), pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan upaya mengintensifkan hubungan perdagangan bilateral kedua negara.

Setelah Indonesia, Li juga dijadwalkan akan mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe. Di Jepang, Li akan menghadiri pertemuan trilateral antara China, Jepang, dan Korea Selatan.

(nat)