Trump Minta Pentagon Pertimbangkan Kurangi Pasukan di Korsel

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 17:06 WIB
Trump Minta Pentagon Pertimbangkan Kurangi Pasukan di Korsel Presiden AS Donald Trump dilaporkan memerintahkan Pentagon mempersiapkan opsi pengurangan pasukan di Korsel. (REUTERS/Yuri Gripas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump dilaporkan telah meminta Pentagon untuk mempersiapkan opsi mengurangi jumlah pasukan Amerika Serikat di Korea Selatan.

Hal tersebut disampaikan sejumlah sumber dalam laporan The New York Times yang dikutip Reuters pada Kamis (3/5). Surat kabar itu menyebut langkah Trump dilakukan bukan untuk memuluskan perundingannya dengan Kim Jong-un yang bakal digelar dalam waktu dekat.

Para sumber, walau demikian, mengatakan perjanjian damai antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa mengurangi kebutuhan akan 23.500 pasukan AS yang saat ini ditempatkan di semenanjung.


Mereka juga menyatakan AS kemungkinan besar tak akan menarik pasukan secara penuh.
Di sisi lain, kantor kepresidenan Korsel menyatakan seorang pejabat Dewan Keamanan Nasional AS telah mengatakan via telepon bahwa laporan itu salah.

Sementara, Gedung Putih dan Pentagon belum merespons permintaan tanggapan terkait hal ini.

Trump selama ini menyatakan Amerika Serikat mesti mengurangi jumlah pasukan di Korea Selatan, kecuali Seoul menanggung lebih banyak biayanya.

Mike Pompeo bertemu dengan Kim Jong-un bulan lalu saat masih menjadi direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) sebelum ditunjuk jadi menteri luar negeri. Dia melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara tak meminta AS menarik pasukan dari Korsel sebagai syarat pertemuan dengan Trump.
Korsel menyatakan isu pasukan Amerika di negaranya tidak terkait dengan upaya damai dengan Korea Utara dan pasukan Paman Sam mesti tetap berada di sana meski kesepakatan sudah tercapai.

(aal)