FOTO: Jalan Panjang Pengungsi Suriah Menuju Yunani

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 19:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dua tahun setelah jalur laut ditutup, para pengungsi dari Timur Tengah menggunakan jalur darat yang tergenang untuk menuju wilayah Yunani melalui Turki.

Saat fajar di dataran tergenang sepanjang perbatasan Yunani dan Turki, sosok para pengungsi bermunculan dari balik kabut. (REUTERS/Alkis Konstantinidis).
Keluarga muda dengan anak yang masih bayi, para janda, menyusuri jalur rel yang mereka harap bisa membawa mereka ke sebuah kota. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Mereka melarikan diri dari Suriah, negara yang dilanda perang saudara selama tujuh tahun dan sempat diporak-porandakan ISIS. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Dua tahun setelah penutupan jalur laut yang sempat digunakan dalam migrasi massal dari Turki ke Yunani, semakin banyak pengungsi menemukan jalur bekas penyelundup di perbatasan. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Pada April saja, setidaknya 2.900 orang tiba di Yunani via Evros, sungai yang memisahkan Yunani dengan Turki. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Jumlah dalam sebulan itu sama dengan separuh dari jumlah perkiraaan kedatangan pengungsi pada 2017, kata UNHCR. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Polisi dan pemerintah setempat khawatir akan tren yang dinilai mencerminkan tren kekerasan di Irak dan Suriah ini. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Hampir 500 ribu pengungsi dan imigran melintas dari Turki ke pulau-pulau wilayah Yunani pada 2015. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Jalur itu ditutup setelah Uni Eropa dan Turki sepakat menghentikan aliran pengungsi pada Maret 2016. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Dalam foto ini, para pengungsi yang menyeberangi Sungai Evros tampak menaiki truk polisi untuk di bawa ke pusat penerimaan dekat Nea Vyssa. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Sungai Evros berada di dekat kota Didymoteicho. Foto ini diambil pada 30 April 2018.  (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Mereka telah menempuh jalan panjang untuk melarikan diri dari kekerasan di Irak dan Suriah. Namun, masa depan para pengungsi di Yunani pun masih diselimuti tanda tanya. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)