FOTO: Mencari Sisa Jasad Tentara Merah

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 07/05/2018 18:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok remaja, relawan dan anggota militer mencari sisa-sisa jenasah Tentara Merah Soviet yang tewas dalam Perang Dunia II, demi pemakaman yang laik.

Pendeteksi logam yang dibawa remaja ini bukan untuk mencari harta karun yang terpendam, melainkan sisa-sisa jenazah tentara Soviet yang tewas di Perang Dunia II. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Ia adalah salah satu anggota dari kelompok pencari jenazah Tentara Merah yang terdiri dari unsur militer, patriot dan relawan. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Mereka melakukan pencarian di desa Didymkin dekat Stavropol, Rusia, pada April lalu. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Pencarian berlangsung selama sepekan dan berakhir pada 26 April. Perjuangan mereka akhirnya berbuah hasil. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Sebanyak 12 sisa-sisa jasad ditemukan setelah pencarian panjang itu. Kini, para korban perang bisa dimakankan dengan laik. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Namun, belasan tentara itu hanya sedikit dari puluhan juta orang yang meninggal dunia di front timur Perang Dunia II. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Tentara Merah Soviet menggempur Nazi Jerman dari sisi timur sementara Amerika, Inggris dan sekutu menyerang dari Barat. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Perang berakhir setelah Tentara Merah merangsek ke Berlin dan Adolf Hitler, pemimpin Nazi, tewas bunuh diri di tengah kepungan di tempat persembunyiannya. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Belasan sisa jenazah yang ditemukan kelompok pencari akhirnya dimakamkan di desa yang sama dengan tempat kematian mereka, pada 5 Mei. (REUTERS/Eduard Korniyenko)
Dengan pemakaman yang laik, mungkin arwah para pahlawan Rusia bisa istirahat dengan lebih tenang. (REUTERS/Eduard Korniyenko)