Baghdadi ISIS Kalahkan Jokowi di Daftar Orang Terkuat Forbes

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Rabu, 09/05/2018 18:55 WIB
Baghdadi ISIS Kalahkan Jokowi di Daftar Orang Terkuat Forbes Presiden Jokowi masuk ke dalam daftar orang terkuat dunia, meski masih di bawah Abu Bakar al-Baghdadi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo masuk dalam daftar 75 orang terkuat di dunia versi majalah Forbes, Rabu (9/5). Namun, posisinya masih berada satu tingkat di bawah pemimpin kelompok teror ISIS.

Presiden Indonesia ke-7 itu menduduki peringkat 74 di atas Presiden FIFA Gianni Infantino dan di bawah Abu Bakar al-Baghdadi yang bertengger di peringkat ke-73.

"Ada sekitar sedikitnya 7,5 miliar orang di planet bumi ini, tapi tujuh puluh lima orang ini mampu mengubah dunia," bunyi artikel Forbes.


Menurut majalah bisnis berbasis di Amerika Serikat itu, Jokowi menjadi salah satu pemimpin paling populer di Indonesia.
Survei terbaru menyebut tingkat penerimaan publik terhadap Jokowi mencapai 60 persen di tahun-tahun terakhir periode pertamanya ini.

Forbes rutin membuat daftar tokoh dunia yang dinilai berpengaruh setiap tahunnya.
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. (REUTERS/Social Media Website via Reuters TV)
Presiden China Xi Jinping dinilai Forbes menjadi orang terkuat nomor satu di dunia tahun ini, disusul oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Donald Trump.

Xi disebut menjadi orang terkuat di dunia setelah mengubah konstitusi negara hingga memungkinkannya berkuasa seumur hidup.
Sementara itu, Putin dinilai menjadi orang paling berpengaruh di dunia setelah mengamankan periode keempat sebagai presiden pada pemilihan umum Maret lalu.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump turun satu peringkat setelah tahun lalu sempat dianggap menjadi orang kedua yang paling berpengaruh versi Forbes.
Xi Jinping menempati posisi pertama di daftar orang terkuat versi Forbes.Xi Jinping menempati posisi pertama di daftar orang terkuat versi Forbes. (REUTERS/Thomas Peter)
Hal ini disebut disebabkan karena kegagalannya meyakinkan Kongres untuk mengesahkan sejumlah kebijakan.

Selain itu, Trump saat ini juga tengah menjadi subjek penyelidikan penegak hukum AS seputar hubungannya dengan Rusia dalam pemilu 2016 lalu.
Peringkat 4, 5, dan 6 masing-masing diisi oleh Kanselir Jerman Angela Merkel, Bos Amazon Jeff Bezos, dan Paus Fransiskus.

Pendiri Microsoft Bill Gates berada di posisi ke-7. Sementara itu, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud bertengger di peringkat 8 sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia, mengalahkan sang ayah Raja Salman yang tak masuk daftar.

Pangeran berusia 32 tahun itu menjadi yang termuda dalam daftar tersebut, disusul CEO Facebook Mark Zuckerberg (33) di posisi ke-13, serta Pemimpin tertinggi Kim Jong-un (diyakini berusia 34 tahun) di peringkat ke-36.

Selain Jokowi, satu-satunya pemimpin negara di Asia Tenggara yang masuk daftar tersebut ialah Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ia menduduki posisi ke-69 di bawah Panglima Militer Pakistan Qamar Javed Bajwa dan di atas CEO Fidelity Investments Abigail Johnson.

(aal)